Jadi Produktif Itu Gampang Sebenernya, Gini Formulanya Pak!

Bacaan 3 menit

Untuk meraih kesuksesan, baik itu dalam pekerjaan, edukasi atau hal lainnya, bapak harus tau konsep produktif. Mengacu KBBI, arti dari produktif adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu dalam jumlah yang besar. Sebenernya saya yakin bapak udah ngerti istilah produktif, tapi kadang dalam prakteknya terasa sulit untuk dikerjain. Makanya itu saya mau kasih tau sebenernya produktif itu mudah, asalkan bapak tau formulanya. 

Produktif itu merupakan sebuah siklus

Ini merupakan sebuah siklus pak, ketika bapak menyelesaikan pekerjaan bapak. Bapak pasti akan merasa senang dan jadi lebih termotivasi, ketika bapak termotivasi bapak jadi lebih semangat mengerjakan pekerjaan yang lain. Dan siklus ini bakal berulang terus-terusan.

Kira-kira gambarannya begini pak:

Siklus ini bakal berulang terus

Bikin To-Do-List

Ini juga merupakan salah satu cara biar bapak menyelesaikan pekerjaan bapak. Kalo yang tak perhatiin, kebanyakan orang yang sukses ketika bangun tidur, udah tau apa yang mau mereka kerjakan. Kemungkinan besar juga sebagian dari mereka pasti pake to-do-list. Selain ini bisa bikin kita jadi lebih disiplin, setiap pekerjaan yang ada di to-do-list diselesaikan, memberikan kita rasa senang dan bangga yang tersendiri. Dan bapak harus membuat to-do-list ini ke bagian-bagian kecil. Contoh : jangan nulis “nyelesaiin kerjaan”, tapi bapak harus buat turunannya, jadinya begini “bales email client”, “update spreadsheet”, “desain deck buat meeting hari X”. 

"Aduh pak saya kaga ada motivasi buat ngerjain apa-apa"

Kalo kaga punya motivasi gimana pak? Nah ini ada lagi triknya, jadi bapak harus ngandelin self-motivation alias motivasi buat diri bapak sendiri. Kira-kira kalo dibreakdown ini alasan kenapa bapak bekerja :

  1. Dapet duit, biar hidup nyaman
  2. Bisa membantu orang lain
  3. Mengembangkan diri (self improv)

Selain itu bapak juga bisa bikin list kenapa bapak suka sama pekerjaan bapak

  • Bapak orangnya demen belajar dan pengen jadi pinter
  • Bapak pengen melatih kreatifitas

Terus yang terakhir bapak bisa challenge diri bapak

  • Kira-kira pekerjaan A bisa kelar berapa menit ya?

Dan bapak juga bisa jadiin pekerjaan bapak sebuah habit,
Bikin sesi kerja bapak dibagi beberapa waktu. Contoh : Pagi hari (nyiapin kerjaan hari ini), Siang (kerjain kerjaan yang udah disiapin), Sore/ Malem (cicil kerjaan buat besok).

Analoginya sama aja kaya rutinitas yang bapak kerjain sehari hari. Bapak bangun, mandi, sarapan dan berangkat kerja. Kalo dilakuin terus-terusan ini bakal jadi habit dan bapak sendiri bakal auto-pilot ngerjainnya.

Baca nyang ini juga pak! : Belajar Jadi Kaya dan Sukses dari Orang Tionghoa

Mulai aja dulu

Kuncinya adalah jangan nunggu motivasi dateng, kerjain aja dulu pak. Tapi perlu diinget, bapak gak bisa berharap siklus ini bakal begini terus, karena bapak bakal ngalamin yang namanya  kecapean, bingung, bosen, cemas dan terdistraksi. Tenang pak, ini juga ada solusinya, dan gampang banget ngilangin rasa rasa itu secara bersamaan. Bapak bisa istirahat sejenak. Apalagi kalo bapak jalan keluar dari ruangan, jalan dikit aja bisa memberikan bapak energi tambahan, terus dengan jalan juga bapak bisa ngumpulin pikiran bapak yang bececeran, ngilangin bosen, bikin bapak tenang kalo lagi anxiety dan bapak bisa lait-liat banyak objek di outdoor, biar kaga terdistraksi lagi pas kerja.

Tapi ada formula tepatnya nih buat ngilangin 5 perasaan tadi:

  • Kecapean = idealnya ya tidur, pak. Tapi bapak bisa ngopi juga, kalo kopi sifatnya temporary.

  • Bingung = pake to-do-list, dan bikin planning. Di planning ini bapak bisa tulis apa yang bakal kerjain (task yang gede dibreakdown jadi kecil-kecil) dan gimana cara ngerjainnya. 

  • Bosen = setel musik, kalo bisa yang instrumental aja kaga usah pake ada yang nyanyi. Bisa juga bapak pindah posisi ke tempat lain.

  • Anxiety = bapak bisa tanyain beberapa pertanyaan ini ke diri bapak
    “Apa sih yang bikin saya cemas?”
    “Ini kecemasannya reasonable gak sih?”
    “Buat jangka panjang apakah kecemasan saya ini penting banget?”
    “Apa aja yang bisa saya kontrol yah?”

  • Distraksi = bapak bisa ngejauhin sumber distraksi bapak, kalo bapak demen banget maen HP, HPnya bisa bapak silent terus ditaroh di tas. Kalo ada yang ngechat gimana? Kalo urusan kerjaan

Siapa tau bapak tertarik juga : Jangan2 Bapak Bukan Pemalas tapi emang lagi Burnout Aja

Nah gimana pak? Produktif itu ternyata gampang. Itulah formula biar bapak jadi produktif. Tapi perlu diingat, emang butuh dorongan dari diri bapak juga. Karena sejatinya yang bisa bantu diri bapak adalah diri bapak sendiri.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
65

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait