Belajar Jadi Kaya dan Sukses dari Orang Tionghoa

Bacaan 2 menit

Pasti sering banget liat di sekeliling kita atau temen-temen deket keturunan Tionghoa, hampir semuanya kaya raya dan sukses. Kalo ditilik lagi ternyata ada beberapa faktor yang bikin orang-orang Tionghoa ini tajir, kali aja ada yang mau ngikutin biar ketularan suksesnya.

Suka sekali nabung dan investasi

tionghoa-nabung

Faktor pertama, orang-orang Tionghoa ini demen bener nabung sama investasi, udah gitu gak tanggung-tanggung begitu gajian bisa langsung ditabung sekitar 70-80% dari pendapatannya. Udah gitu mereka lebih ngutamain nabung dulu baru sisanya buat menuhin kebutuhan sehari-hari, beda sama kita dah pokoknya. Kebiasaan ini juga dipengaruhi sama budaya mereka yang punya prinsip, menabung adalah tindakan bijaksana buat mengamankan masa depan dan ketidakpastian soal keuangan. Karena kebiasaan menabung ini juga bikin orang-orang Tionghoa kalo beli barang apa-apa langsung tunai tanpa cicil apalagi paylater, anti bener dah. Soalnya mereka sadar kalo nyicil atau pake paylater bunganya bisa lebih gede, daripada ngeberatin, lebih baik ngumpulin duitnya dulu baru beli kontan. Dengan begitu mereka bisa lebih mengontrol diri dari kegiatan konsumtif dan ngejaga keuangan biar tetap stabil.

Penting buat dibaca: Tips Nabung yang Efektif buat Adik yang Berusia 20-30 Tahun

Gak suka pamer kekayaan lewat penampilan

tionghoa-sederhana

Beda sama Si Tono yang demen banget pamer barang-barang mewah yang dia punya, orang Tionghoa ini gak suka pamer. Malah tampilan mereka lebih sederhana, kaosan polos pake celana pendek juga jadi pergi ke mall. Tapi kalo lagi ada perayaan tradisi atau acara keluarga baru dah dandanannya lebih niat. Ini juga pengaruh dari budaya Tionghoa yang sederhana, hemat, dan rendah hati.

Lebih suka produksi sendiri ketimbang beli

tionghoa-food

Dalam urusan makanan juga sama, orang-orang Tionghoa bakal lebih milih buat bikin sendiri di rumah buat ngehemat ketimbang beli di luar. Makanya banyak bener pan restoran-restoran masakan Tionghoa yang kesebar, itu pasti awalnya pengen buat sendiri buat orang rumah tapi karena banyak yang minta dibikinin juga akhirnya sekalian aja dijualin. Dapet lagi tuh cuan.

Baca ini sebelum ngapel: Rekomendasi Makanan yang Bisa Adik Bawa buat Calon Mertua Kalo Lagi Ngapel

Pekerja keras dengan semangat yg tinggi

tionghoa-work-harder

Kalo biasanya orang Indonesia ngindarin yang namanya lembur, orang Tionghoa justru sebaliknya nih malah nyari lemburan. Buat masyarakat Tionghoa, lembur ini jadi lahan yang bagus buat nunjukkin semangat tinggi pas kerja dan biar dapet penghasilan lebih. Bagusnya lagi, buat mereka, lembur ini digunakan buat ngasah skill dan ngedalemin apa yang mereka suka. Makanya jangan heran kalo bos-bos di perusahaan pada demen sama orang-orang Tionghoa, soalnya etos kerjanya tinggi dan bikin karir mereka lebih cepet naik. Orang-orangg Tionghoa ini ngerti kalo ngandelin penghasilan di satu pintu doang bakal susah terus buat ngejar, makanya banyak dari mereka juga yang nyari kerjaan sampingan, mau itu jualan online, ngajar, dan kerjaan lainnya buat ningkatin pendapatan.

Kali aja bapak butuh: Hal yang Bisa Bapak Lakukan biar Gak Menunda-nunda Pekerjaan

Udah siap kerja keras kayak orang-orang Tionghoa belom pak? Karena budaya mereka yang kentel banget makanya diaplikasiin juga ke kehidupan sehari-harinya. Keren yah.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
152

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait