Tips Nabung yang Efektif buat Adik yang Berusia 20-30 Tahun

Bacaan 2 menit

Kalo boleh saya kasih saran, adik-adik yang berusia 20-30 tahun saat ini mending biasain buat nabung. Adik pasti tau kalo nabung ini punya banyak manfaat apalagi buat masa depan nantinya. Minimal banget adik gak gelagapan kalo sewaktu-waktu ada di situasi yang bikin adik seret masalah finansial. Beberapa tips nabung ini mungkin bakal efektif adik praktekin.

Keputusan beli rumah

tips-menabung-rumah

Di usia adik yang sekarang pasti udah ada kepikiran buat beli rumah, tapi adik perlu inget buat beli rumah jangan sampe adik cuma fokus beli rumah impian aja, lebih baik beli rumah yang sesuai kebutuhan. Soalnya di usia segini pasti ego adik masih tinggi tanpa mikirin apa kebutuhan yang lagi adik perluin. Bisa-bisa kalo salah keputusan di usia segini, malah bisa bikin rugi adik sendiri di masa depan. 

Pikirkan matang-matang saat mau menikah

tips-menabung-menikah

Menikah sama orang yang dicintai adik dan mencintai adik udah pasti jadi salah satu kebahagiaan yang sulit buat digantiin. Tapi dik, buat masuk ke jenjang yang lebih tinggi ini, kalo bisa adik jangan salah pilih pasangan apalagi kalo pasangan adik visinya gak sama dalam masalah keuangan. Misal pasangan adik adalah tipikal orang yang boros banget sedangkan adik beli barang sesuai kebutuhan aja, nah coba dipikirkan lagi apakah adik dan pasangan bakal bisa kompromi soal ini. Masalahnya faktor utama dari banyaknya perceraian adalah ekonomi, mau itu cara mengelola keuangannya yang salah atau karena karakter orangnya yang gak bisamenyesuaikan.

Baca ini juga dik: Karakter yang Harus Adik Punya Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Hindari paylater

tips-menabung-paylater

Sistem paylater ini pan beli sekarang bayarnya nanti, alias adik harus ngutang ke pihak lain. Nah biasanya sistem ini punya suku bunga yang tinggi banget dan malah terus bertambah dari utang yang awalnya gak sampe segitu. Kalo udah begini, mau adik bayar tu utang segimana juga gak akan beres-beres. Mending tahan dulu dah beli barang-barang yang adik pengen daripada malah ngeberatin ekonomi adik.

Pisahkan rekening tabungan dengan kebutuhan sehari-hari

tips-menabung-rekening

Ada survey yang bilang kalo perilaku keuangan adik-adik di usia segini 61,6% jarang atau gak pernah misahin rekening tabungan sama rekening buat kebutuhan sehari2, jadi campur aduk aja tuh kayak gado-gado. Adik jadi gak punya batas pengeluaran dan lebih mudah buat adik mengambil tabungan yang adik punya di satu rekening tersebut.

Cari penghasilan sebanyak mungkin

tips-menabung-income

Mumpung adik masih muda, waktunya masih banyak, pikiran adik masih fokus, tanggungan adik belom banyak, dan lebih bisa dilirik sama perusahaan-perusahaan, adik perlu cari dan asah skill yang emang banyak diminati. Hasilin penghasilan sebanyak mungkin, cari apa keunggulan dan kelebihan dalam diri adik. Ikut training, workshop, atau les di luar bidang yang udah adik kuasai biar adik bisa cari penghasilan di bidang lain.

Coba tips ini dik: Cara Jadi Penulis Freelance Buat Nambah Uang Jajan Adik

Perlu dipaksa buat nabung

tips-menabung-paksa-diri

Nabung tuh harus konsisten dilakuin kalo perlu paksa diri adik buat nabung. Coba nahan diri buat gak beli ini itu apalagi hal-hal yang gak penting dan tujuannya gak jelas, kurang-kurangin dah. Coba buat inget-inget lagi hal besar apa yang pengen banget adik wujudin, jadiin itu kekuatan adik buat terus konsisten nabung.

Gak usah bandingin adik sama orang lain yang udah punya 100 juta pertamanya di usia yang sama dengan adik. Fokus aja sama diri adik sendiri, ngebanding-bandingin gak bikin adik jadi berkembang atau banyak uang.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
66

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait