Jangan2 Bapak Bukan Pemalas Tapi Bapak Emang Lagi Burnout Aja

10 May 2022

Ini sering terjadi kepada saya 5 tahun yang lalu. Pekerjaan saya menantang sekali, dengan target KPI harian yang naudzubillah min dzalik, sehari bisa 14 - 18 jam kerja, dan banyak hal yang bikin saya stress sekali waktu itu. Istri saya sampe bilang "kamu udah gak lucu kayak dulu yah". Yhaaa~~~

Tiap Minggu malam saya kayak orang depresi, kadang sampe badannya anget sumeng, karena ngebayangin selama 5 hari ke depan saya mesti bangun pagi, untuk pergi ke tempat yang saya gak suka2 amat untuk ngerjain hal yang ngadi2. Bertahan karena duitnya aja. Emang gede bener sih.

Saya jadi pemalas banget orangnya. Sering goler2, gampang kecapean, sering madol, kagak ada motivasi, kagak semangat, tapi kerjaan mah achieve, malah over kadang. Avg. yang saya kerjain pasti naik minimal 500%, rekor pernah naik sampe 1,000%. Ini saya kok males tapi kok bisa achieve. Berarti sebenernya saya mampu kan yah.

Usut punya usut ternyata namanya Burnout, stress yang dipicu kerjaan sederhananya mah. Saya burnout gak hanya karena kewalahan dan jam kerja yang panjang. Ternyata karena saya ngerasa memiliki kontrol yang sedikit sekali sama pekerjaan saya, unclear job expectation, dan hidup sama pekerjaan yang kagak imbang.

Saya pikir work-life balance mah buat orang ada aja ini mah. Tapi kalo ngeliat efek sampingnya, kok ya anu ya.Tanpa tedeng aling2, saya langsung ambil cuti 3 hari, tiap wiken saya main sama anak, enpon tak silent, mulai hobi baru, dan belajar hal2 baru. Dalam seminggu, perubahannya jauh banget, saya lebih ngerasa hidup, lebih lucu, lebih sehat dan lebih bergairah.

Saya yakin banget warga beberapa dimari ada yang punya nasib kayak saya. Yang ngerasa dirinya pemalas, pedahal mah sebenernya kita lagi burnout aja.

Tanpa tedeng aling2, saya langsung ambil cuti 3 hari, tiap wiken saya main sama anak, enpon tak silent, mulai hobi baru, dan belajar hal2 baru. Dalam seminggu, perubahannya jauh banget, saya lebih ngerasa hidup, lebih lucu, lebih sehat dan lebih bergairah.

 

quote

Saya yakin banget warga beberapa dimari ada yang punya nasib kayak saya. Yang ngerasa dirinya pemalas, pedahal mah sebenernya kita lagi burnout aja.

Ditulis oleh:
James Jan Markus
10 May 2022
Dilihat :
138

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait