Jenis-Jenis Jenjang Buku dan Artinya biar Gak Asal Kasih Bacaan ke Anak

Bacaan 2 menit

Buat bikin anak suka sama baca buku emang susah-susah gampang, pak. Belum lagi bapak juga harus perhatiin bener buku apa yang cocok dan sesuai dibaca sama anak di usianya. Makanya ada yang ngasih keterangan dengan nulis kode di buku biar pembaca buku tersebut sesuai.

Pembaca dini A

pembaca-dini-A

(Foto: buku.kemdikbud.go.id)

Jenjang A atau jenjang pembaca dini ini adalah jenjang pembaca yang baru kali pertama kenal sama buku, jadi perlu perancah atau scaffolding buat ngedampingin anak pas baca ini buku. Contohnya adalah buku-buku bergambar dengan tulisan keterangan dari gambar dalem buku, biasanya buku-buku kayak gini temanya tentang pengenalan hewan, tumbuhan, benda, dan lainnya.

Mumpung lewat: Cara Agar Anak Suka Membaca dari Usia Dini

Pembaca awal B1, B2, dan B3

pembaca-awal-B

(Foto: buku.kemdikbud.go.id)

Jenjang B atau jenjang pembaca awal ini adalah jenjang pembaca yang perlu scaffolding dan pembacanya mampu buat baca teks berupa kata atau frasa dengan kombinasi bunyi huruf, klausa, dan kalimat sederhana. Biasanya bentuk buku ini kayak cerita pendek yang disertai gambar illustrasi, seperti Si Kancil, Gadis Berkerudung Merah, dan dongeng-dongeng lainnya.

Pembaca semenjana C

pembaca-semenjana-C

(Foto: buku.kemdikbud.go.id)

Jenjang C atau jenjang pembaca semenjana adalah jenjang pembaca yang mampu baca teks secara lancar yang berbentuk paragraf dalam satu wacana. Buku dengan jenjang ini bisa bapak kasih ke anak bapak yang udah bisa baca dengan lancar, biasanya bentuk bukunya berupa paragraf dan kalimat percakapan di dalamnya. Dongeng cerita anak ada juga yang memang diperuntukkan buat jenjang C ini.

Pembaca madya D

pembaca-madya-D

(Foto: buku.kemdikbud.go.id)

Jenjang D atau jenjang pembaca madya adalah jenjang pembaca yang mampu paham sama beragam teks dengan tingkat kesulitan menengah. Biasanya di tingkat ini bapak bisa kasih buku dengan bentuk percakapan kayak komik, novel, atau buku dengan banyak paragraf di dalamnya. Kalo udah ditingkat ini biasanya udah minim gambar-gambar kecuali komik ya pak. Kemampuan baca anak juga udah meningkat kalo anak udah suka sama buku-buku di jenjang D ini.

Pembaca mahir E

pembaca-mahir-E

(Foto: buku.kemdikbud.go.id)

Jenjang E atau jenjang pembaca madya biasanya diperuntukkan buat pembaca yang mampu membaca secara analitis dan kritis. Bahasa yang dipake juga bisa dibilang lebih baku dan kosakatanya lebih banyak, jadi kalo bapak mau kasih buku dengan jenjang ini pastiin anak bapak udah bisa nelaah kata per katanya yah.

Yang paling penting di usia awal pengenalan buku, bapak kudu ada buat dampingin anak terus. Takutnya apa yang dibaca anak gak sesuai dan bikin mereka bingung karena kesalahan jenjang buku yang dikasih. Bisa-bisa anak gak mau lagi baca buku sampe gede.

Baca ini juga dah pak: Bagaimana Membaca Buku Bisa Bantu Menghilangkan Stress?
 

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait