Bagaimana Membaca Buku Bisa Bantu Menghilangkan Stress?

Bacaan 2 menit

Buat saya yang hobi baca buku, membaca adalah salah satu rutinitas yang kalo ditinggalin kayak ada yang kurang aja rasanya. Karena udah jadi rutinitas tiap hari, jadi kadang saya gak tau gimana perbedaan yang signifikan kalo saya gak baca buku dalam jangka waktu yang lama. Tapi beberapa hari ini karena kesibukan makin padet dan stress yang saya alami makin meningkat, jadi saya mulai rutinin lagi buat baca buku. Nah ini manfaatnya yang saya rasain.

Melepas penat yang menumpuk

Baca buku bikin saya bisa melepas stress yang selama ini menumpuk karena saat membaca buku saya ngerasa kalo diri saya masuk ke dunia yang jauh dari kehidupan sehari-hari. Ibaratnya saya jadi tenggelam dalam bacaan yang lagi dibaca dan lupa sama masalah yang lagi dihadapi. Apalagi pas baca buku saya bisa berimajinasi sesuai keinginan sendiri bagaimana visual dalam buku tersebut terbentuk. Bisa dibilang baca buku ini jadi bentuk melarikan diri yang paling mudah kalo kehidupan yang lagi dijalani berat dan sulit untuk dihadapi.

Baca ini juga pak: Cara Agar Anak Suka Membaca dari Usia Dini

Mendapat jalan keluar dari permasalahan

Saya juga jadi sadar dari baca buku ini saya bisa dapet banyak ide dan pemecahan masalah yang kadang gak saya temukan di kehidupan yang asli, soalnya buku bisa aja berisi kisah-kisah inspiratif yang memang dialami penulisnya atau pengalaman orang lain yang memang pernah berada disituasi tersebut. Keadaan fisik saya juga jadi lebih baik, badan jadi lebih relax, dari yang tadinya jantung gak tenang tapi setelah baca buku lebih bisa dikontrol, otot-otot saya yang tadinya tegang bener karena stress setalah baca buku lagi jadi lebih kendor.

Menikmati proses

Saya pikir ngilangin stress dengan main sosmed bakal bikin otak jadi lebih relax, tapi ternyata kebalikannya. Sosial media yang rasanya sekarang jadi serba cepet, malah bikin saya jadi makin gak sabaran. Itungan 3 detik aja kita udah bisa tau tontonan yang kita liat di sosmed menarik buat kita apa enggak. Padahal ini juga yang mempengaruhi tingkat stress di kehidupan sehari-hari. Karena semua serba cepat, kita jadi gak bisa menikmati apa yang kita tonton. Nah tapi dengan rutin baca buku lagi jadi lebih bisa menikmati setiap alur cerita yang ada dalam buku.

Baca ini sebelum lupa: Tips biar Mental Adik-Adik Gen Z Makin Kuat di Tengah Gempuran Kehidupan

Menumbuhkan empati

Saya juga jadi tau kalo aktivitas membaca ini juga bisa membantu menjaga kualitas otak karena saat membaca, otak dipaksa untuk terus bekerja berbeda dengan orang yang tidak menggunakan otaknya untuk membaca. Saya juga ngerasa dengan membaca buku jadi lebih empati, bukan hanya memikirkan tentang diri saya sendiri, kekhawatiran diri sendiri, tapi jadi lebih bisa melihat sekeliling yang mungkin saja punya masalah yang lebih rumit dari saya.

Kalo pada dasarnya gak suka baca buku, coba deh buat cari buku yang bisa menarik perhatian buat kamu. Biasanya kalo udah nemu satu buku yang menarik, kamu bakal makin tertarik dan penasaran dengan buku lainnya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
74

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait