Cara Agar Anak Suka Membaca dari Usia Dini

Bacaan 2 menit

Membiasakan anak buat baca di usia dini punya banyak manfaatnya, pak. Dari mulai menambah kosakata pada anak, ngasah keterampilan buat berpikir dan menganalisa, meningkatkan fokus, dan masih banyak lagi tentunya. Tapi gimana sih sebenernya cara biar anak suka sama baca buku dari usia dini?

Kasih contoh ke anak

Cara paling mudah adalah dengan kasih contoh lebih dulu ke anak. Kalo ngeliat orang tuanya suka baca buku, anak pasti bakal familiar sama buku. Lama kelamaan anak jadi punya rasa ingin tau yang tinggi terhadap buku dan mulai mencoba memegangnya, melihat-lihat isinya, sampai membaca buku tersebut kalo anak bapak emang udah bisa baca. Selain itu juga anak lebih mudah meniru apa yang mereka lihat, jadi apa pun yang dilakukan orang lain terutama orang tuanya, pasti bakal kerekam di otak dan ditiruin.

Jadwalkan waktu membaca yang menyenangkan

Namanya anak-anak pasti gampang banget bosennya kan pak, makanya coba buat jadwalin buat baca buku tapi dengan cara yang menyenangkan. Bisa dengan mendekor tempat khusus baca untuk anak, memilih buku-buku berwarna yang bisa menarik perhatiannya, atau memberikan buku-buku interaktif yang bikin anak semanget buat baca buku tersebut. Bisa juga buat rutinin baca buku sebelum tidur biar ngebiasain anak buat familiar sama buku.

Mudahkan akses buku buat anak

Memudahkan anak buat mengakses buku juga penting. Kemudahan tersebut juga bisa dilakukan dengan menempatkan rak buku sesuai eye-level anak supaya apa yang dilihat anak adalah buku-buku yang bisa menarik perhatiannya sehingga mudah diambil. Atau bisa juga menggunakan e-book yang lebih menarik dengan fitur-fitur di dalamnya, ya daripada main gadget dan nonton hal-hal yang gak jelas pan pak, jadi manfaatin juga teknologi sekarang buat hal-hal kayak gini.

Kuncinya adalah anak harus merasa dekat dulu sama buku dan mau mengenal buku lebih jauh lagi. Soalnya ngeliat manfaat dari baca buku ini rasanya sayang bener kalo anak sampe gak suka baca buku.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
29

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait