Jenis-Jenis Serat Yang Bisa BIkin Bapak Lebih Sehat

Bacaan 2 menit

Bapak mungkin udah familiar dengan serat (fiber) yang sering banget muncul. Serat ini mempunyai fungsi buat memelihara usus, ngebantu menstabilkan gula darah, dan menurunkan risiko penyakit kronis. Mengonsumsi serat dari makanan nabati jelas merupakan hal yang baik, dan kebanyakan dari bapak mungkin belom tau jenis-jenis serat yang baik untuk tubuh.

Jadi serat ini terdiri dari beberapa jenis dan bentuknya macem macem. Tergantung gejala pencernaan, beberapa jenis serat mungkin lebih cocok sama bapak dibandingkan yang lain. Beberapa jenis serat itu adalah,

Serat Larut

Serat ini menyerap air, menciptakan konsistensi lengket seperti gel. Ketika sampai di usus besar, ini bisa jadi makanan buat bakteri usus baik. Bapak bisa dapetin serat jenis ini dari gandum, pisang, melon, labu dan lain-lain.

Serat larut mempunyai manfaat sebagai berikut,

  • Membantu mengatur gula darah dan kolesterol
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Bikin pencernaan bapak sehat

Serat Tidak Larut

Kalo serat ini kebalikannya, kagak larut sama air tapi bisa merangsang cairan di usus besar. Serat ini bisa ngebantu ngelunakkin pup bapak, jadinya bapak buang air besarnya lebih lancar.  Bapak bisa dapetin serat jenis ini dari kulit buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dedak padi, kacang-kacangan dan flaxseeds (biji rami).

Serat tidak larut mempunyai manfaat sebagai berikut,

  • Bikin bapak buang air besar secara teratur
  • Membantu membersihkan saluran pencernaan

Tekstur serat juga bermacam-macam, ada yang lembut alami hingga kasar dan dapat berubah selama proses masak. Misalnya, kacang almond utuh mengandung serat kasar, kalo dijadiin almond butter bentuknya jadi kayak pasta halus dan teksturnya berserat. Sama juga kayak sayuran berdaun hijau yang dijadiin smoothie atau bubur kacang yang dijadiin sup, kandungan seratnya tetep ada, tapi teksturnya berubah. Semuanya sebenernya bagus, tapi efeknya bisa berbeda-beda pada proses pencernaan.

Kalo bapak gak punya gangguan pencernaan, mengkonsumsi makanan nabati kemungkinan besar akan memenuhi kebutuhan tubuh bapak.. Disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25-30 gram per hari. Buat bapak yang menderita gangguan pencernaan, asupan serat bisa disesuaikan untuk membantu meminimalkan gejala. Semua makanan bermanfaat, jadi bereksperimenlah dengan tekstur dan bentuk yang paling sesuai buat bapak.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
68

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait