Kesalahan Yang Sering Banget Bapak Lakuin Di Malam Hari Tapi Bapak Kagak Sadar

Bacaan 3 menit

Malam hari adalah waktunya beristirahat. Tapi terkadang ada aja yang bikin kita susah istirahat dan tidur. Ternyata ada beberapa kesalahan yang mungkin kita kagak sadar. Berikut kesalahan-kesalahan yang sering banget dilakuin di malam hari tapi terkadang kita gak sadar,

Olahraga sebelum tidur

Olahraga emang bisa bikin kita tidur cepet dan lebih nyenyak tidurnya. Tapi ternyata idealnya olahraga di lakukan di pagi hari, pak. Kadang emang kita kaga punya waktu buat olahraga di pagi hari, karena banyak sekali yang harus disiapkan, mulai dari persiapan berangkat kerja, mungkin bapak juga nganter anak bapak sekolah. Ketika keterbatasan waktu itu muncul, jadinya bapak berniat “menekan” waktu olahraga bapak sebelum mau tidur. 

Makan dan Minum sebelum tidur

Ini salah satu kegiatan favorit bapak. Karena ini memicu metabolisme dan memaksa badan bapak buat mencerna makanan ketika harusnya badan bapak fokus untuk relaksasi, dan berusaha untuk tidur. Makanan, khususnya makanan manis yang tinggi karbohidrat dan gula bikin mereka sulit dicerna. Makanan di perut bapak juga jadi memicu munculnya insulin yang surpresses, fungsi dari melatonin, salah satu fungsi otak yang nganuin rasa tidur, ujung-ujungnya tidur bapak jadi keganggu. Ga cuman itu, kebanyakan makan pas mau tidur juga menimbulkan refluks dan gangguan pencernaan yang pasti jadi bikin bapak kagak nyaman. Jadinya medical professional, sleep experts,dan nutritionist, umumnya merekomendasikan buat kaga makan dan minum 3 jam sebelum mau tidur.

Mandi sebelum tidur

Karena ketika mau tidur, temperatur sangat berperan besar dalam tidur bapak. Ketika badan bapak sejuk, siklus tidur bapak jadi lebih halus sehalus jalan yang baru banget diaspal. Mendekati akhir berakhirnya hari, temparatur badan bapak , di jam jam mendekati jam tidur, suhu tubuh bapak turun, yang mengakibatkan bapak mengantuk dan ngasih sinyal kalo udah waktunya untuk istirahat. Nah, ketika bapak udah tidur, suhu tubuh perlahan lahan menurun sampe kira-kira jam 5 pagi, lewat jam itu sampe akhirnya bapak bangun tidur lagi, suhu badan naik lagi sehingga bikin bapak lebih aware dan si tubuh minta untuk melakukan aktifitas fisik.

Jadi membuat temperatur badan bapak turun ketika mau tidur adalah salah satu cara terbaik buat bikin tidur nyenyak, dan yang tepat adalah mandi air anget sebelum tidur. Inget pak, air anget ya. Kalo terlalu panas bikin temperatur badan bapak naik, kalo air dingin malah bikin bapak kebangun. Paling tepat adalah mandi air anget dan ga terlalu lama mandinya, karena nanti pas bapak udah selesai mandi, si air bakal menguap dari kulit bapak, cara kerjanya sama kek pas keringet keluar dari badan bapak. Cooling effect ini bakal bikin badan bapak jadi lebih mood buat tidur. Terus secara hormon, proses pendinginan yang terjadi abis bapak mandi, mendorong produksi melatonin, yang mana si melatonin ini, bekerja dengan natural circadian rythm bapak,. Jadi sebisa mungkin bapak kasih waktu 1 setengah jam , buat mandi sama proses pendinginan sebelum bapak tidur, biar kerasa banget efeknya.

Suhu Ruang Tempat Tidur

Ini banyak para ahli yang ngasih rekomendasi suhu temperatur yang pas ketika bapak mau tidur. Walaupun beda-beda pendapat, umumnya bapak bisa ngatur ruangan bapak di suhu 15.5 C sampe 19.5 C. Karena kalo terlalu panas atau dingin, bapak bisa jadi keganggu tidurnya. 

Posisi Tidur

Badan udah oke, temperatur ruangan udah oke, sekarang posisi tidur pak. Kalo emang bapak gak ada masalah kesehatan, tidur yang paling tepat adalah dengan posisi telentang. Kalo bapak ada masalah kesehatan, bapak bisa pake posisi menyamping dengan bantal yang tingginya sesuai. Ngomong-ngomong soal bantal, ternyata bapak harus cari bantal yang sesuai juga dengan posisi tidur bapak, karena kalo enggak pas, bisa bikin leher bapak sakit. Banyak ahli yang berpendapat juga kalo tidur tanpa bantal lebih bagus buat kesehatan. Tapi ada satu yang para ahli setuju, yaitu usahain posisi tulang belakang bapak (spine) lurus ketika tidur. Kalo bapak tidur menyamping, bapak bisa ngasih bantal tambahan di antara lutut bapak buat ngejaga si tulang belakang tetep dalam posisi lurus.

Make Gadget Sebelum Tidur

Yang ini emang udah jadi penyakit banget buat kita semua, mengurangi screen time sebelum tidur adalah cara terbaik biar tidur bapak berkualitas. Gadget kek handphone, tablet, laptop ini bisa mengganggu bapak yang sedang berusaha beristirahat. Dengan menggunakan gadget aja bisa bikin pikiran bapak jadi lebih aktif dan mengalihkan perhatian bapak yang seharusnya berusaha untuk rileks. Penggunaan handphone dan tablet sebelum tidur, menstimulasi otak bapak, sehingga bikin bapak tetep terjaga dan jadi ngeganggu siklus tidur bapak. Terpapar terlalu lama dengan sinar yang berasal dari gadget bapak juga menekan si hormon tidur, melatonin. Jadinya paling bener sebelum tidur, bapak jauhin semua gadget bapak, biar gak ngeganggu jam tidur dan waktu istirahat bapak.

Kunci dari hidup sehat selain makan dan berolahraga adalah tidur dan istirahat yang cukup. Memang mungkin ada yang perlu dikerjakan di malam hari, tapi baiknya bapak lebih memprioritaskan kesehatan bapak. Semoga bapak bisa mengubah kesalahan-kesalahan yang sering banget dilakuin di malam hari tapi terkadang kita gak sadar.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
48

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait