Masalah umum yang seringkali dihadapi gigi bapak dan penyebabnya

Bacaan 2 menit

Kesehatan gigi memang harus dijaga, pak. Seringkali, gigi kita mengalami beberapa masalah umum seperti,

Gigi Sensitif

Masalah ini membuat gigi kita nyeri, ngilu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Biasanya terjadi ketika kita memakan atau meminum sesuatu yang panas atau dingin. Gigi sensitif bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti, ausnya enamel gigi (lapisan gigi yang paling luar), penipisan gusi, retaknya gigi dan GERD (asam lambung). Untuk kasus ini, beberapa solusinya adalah menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Gusi berdarah dan bengkak

Biasanya ini terjadi karena bapak nyikat giginya kekencengan. Tapi ada beberapa penyebab lain gusi berdarah, diantaranya adalah karena gingivitis, yaitu peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak bakteri. Ketika plak-nya menumpuk, lama lama mengeras dan menjadi karang gigi. Beberapa cara mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan gigi secara teratur, menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang soft, dan menggunakan obat kumur antiseptik.

Gigi berlubang

Ini merupakan masalah yang seringkali kita alami pada gigi kita. Ketika gigi kita berlubang, kita akan terganggu dalam mengunyah makanan. Gigi berlubang ini biasanya disebabkan oleh kondisi gigi yang rusak karena terkikisnya enamel gigi. Faktor lainnya adalah penumpukan bakteri karena kurang terjaganya kebersihan mulut dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis. Solusinya adalah dengan menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kandungan gula tinggi, dan kalau sudah parah bisa dilakukan pembersihan dan pencabutan gigi yang berlubang dan melakukan pemasangan tambalan gigi. 

Bruxism

Bapak suka gretek-gretekin gigi ketika tidur? Nah, itu namanya bruxism, pak. Sejauh ini belum diketahui penyebab pastinya dari fenomena bruxism ini, tapi beberapa pelaku kesehatan setuju kalo faktor penyebab dari bruxism lebih mengarah ke faktor fisik dan psikologis. Biasanya adalah karena kita mengalami stress, anxiety, frustrasi, dan lain-lain. Solusinya adalah menggunakan pelindung gigi ketika tidur untuk mengurangi gertakan. Solusi lainnya adalah mengatasi faktor stress yang bapak alami, yang mungkin menjadi penyebab dari bruxism.

Kebersihan mulut dan gigi memang harus kita jaga secara rutin. Bila bapak merasa masalah gigi yang bapak alami sudah parah, silahkan konsultasi ke dokter gigi ya, pak. Dengan mengunjungi dokter gigi, bapak akan dapat diagnosis yang akurat dan juga rekomendasi perawatan yang sesuai.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
95

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait