Nasihat Buat Adik2 Yang Akan Memasuki Dunia Kerja

Bacaan 2 menit

Dulu waktu kuliah, adik2 pasti punya pikiran kalo cari kerjaan itu harus mempertimbangkan soal gaji dan lingkungan kerjanya. Ya itu nggak salah sih dik tapi selain kedua hal itu ada hal lain yang perlu adik pikirin dan lakuin juga.

Saya juga sama, dulu mikirnya gitu tapi setelah dapet wejangan dari orang-orang yang udah masuk dunia kerja pikiran saya jadi kebuka. Teruntuk adik2 yang mau masuk dunia kerja, ada baiknya dengerin nasihat ini. Siapa tahu bisa buka pikiran adik2 soal dunia kerja.

 

1. Pekerjaan Pertamamu Itu Jadi Penentu Karir Kedepannya

Nasihat ini yang paling saya inget supaya nggak asal-asalan dalam memilih pekerjaan. Adik perlu ketahui dulu passion adik ada dimana agar mudah dalam memilih pekerjaan. Jika sudah terlanjur nyemplung dan ngerasa nggak cocok adik bisa shifting career atau alih profesi. Tapi minusnya adik harus mau belajar lagi dari nol dan jenjang karir yang didapat mulai dari bawah juga.

Maka dari itu, penting bagi adik2 itu menentukan dengan matang jalan karir yang diinginkan seperti apa.

2. Jangan Mikir Gaji Gede Dulu Ya Dik

Ini selalu jadi kesalahan fresh graduate kalo lagi ngelamar pekerjaan dan akhirnya mempersulit mereka untuk keterima kerja. Ingat ya dik, gaji bisa naik seiring dengan kemampuan dan kinerja adik2 yang terus meningkat. Berdasarkan pengalaman saya dulu waktu ngelamar kerja pas masih fresh graduate, banyak temen-temen saya kesulitan dapet kerja karena masalah gaji.

Jadi, diawal jangan terlalu matok gaji gede karena adik dari lulusan universitas terkenal tapi sesuaikan dengan kemampuan dan skill yang dimiliki.

3. Terus Tingkatin Softskill Maupun Hardskill

Hal nggak kalah penting dalam dunia kerja itu adalah skill. Dengan hardskill dan softskill yang mumpuni, adik2 bisa gampang memenuhi ekspetasi perusahaan, gampang adaptasi di lingkungan perusahaan, dan bisa ningkatin jenjang karir adik kedepannya. Karena nggak mungkin kan selama berkarir adik mau disitu-situ aja.

Jadi, wajib hukumnya untuk adik2 terus tingkatin skill biar bisa bersaing dan itung-itung juga bisa naikin gaji yang kalian dapatkan.

4. Ubah Mindset

Dunia kerja beda dengan dunia perkuliahan ya dik. Bakalan banyak pola pikir dan permasalahan yang bakal adik temui nantinya. Disinilah adik nanti dituntut untuk bisa jadi problem solver untuk permasalahan perusahaan atau permasalahan adik sendiri.

Kalo adik punya fixed mindset atau pola pikir yang tetap itu bakal mempersulit adik kedepannya karena dunia kerja perlu orang-orang yang punya pikiran growth mindset atau pola pikir yang terbuka dan berkembang.

5. Siapkan Mental Yang Kuat

Kalo adik2 nggak persiapin ini adik bakal dikit-dikit resign atau menjadi kutu loncat. Nah, hal itu juga nggak baik ya dik kalo dari sisi HRD karena bisa dianggap sulit beradaptasi atau nggak kompeten.

 

Saran saya, sebelum ambil kerjaan yang sifatnya full-time, adik bisa magang atau part-time di beberapa perusahaan biar mental adik terbentuk dengan sendirinya. Dengan magang juga bisa nambah pengalaman dan portfolio adik waktu mau ngelamar di perusahaan baru.

Nah, itu tadi beberapa nasihat yang saya dapetin waktu dulu sebelum masuk dunia kerja. Selalu ingat ya dik, dunia kerja bukan soal uang aja tapi gimana caranya adik2 bisa mengembangkan potensi dan kemampuan untuk penunjang karir kedepannya. Semoga bermanfaat ya dan adik2 bisa segera dapet pekerjaan yang diinginkan!

Ditulis oleh:
Hudzaifah R
Bacaan 2 menit
Dilihat :
201

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait