Rekomendasi Merk-Merk Teh Enak Buat di Rumah

Bacaan 3 menit

Semakin bertambahnya umur bapak semakin sadar akan kesehatan. Dari kebiasaan sering jajan kopi susu sekarang bapak demennya minum teh tawar. Biar bapak kaga bosen sama teh yang itu-itu aja, ini saya ada rekomendasi merk-merk teh tubruk yang enak dan mantap buat di rumah,

Teh Soklat

Tipe teh yang bisa bapak seduh sendirian kek single origin, atau bisa bapak oplos ama teh lain. Sebenernya, teh ini asli bikinan Pekalongan tapi justru jarang ketemu disono. Peredaran teh ini kebanyakan di daerah Wonogiri. Mangkanya perantau-perantau disono kalo pulang pasti bawa teh ini. Rasa tehnya rich banget, karakternya cenderung sepet banget dan diikuti aftertaste melati yang tipis di hidung dan mulut. Dioplos ama teh wangi cocok banget ini, pak.

Teh Naga Gold

Menurut saya teh ini rasanya unik sekali. Terutama yang varian goldnya ini, pak. Karakter black tea-nya nampol, warnanya pekat, tapi rasanya kaga terlalu sepet. Keunikan teh ini berasal dari flavor vanilla yang cukup kuat yang muncul di belakang. Dan konon ini emang bener-bener pake racikan bunga vanilla, bukan sintetis. Teh ini asalnya dari Malang, banyak beredar dan dicintai masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

Teh Dandang Biru

Walaupun teh ini sebenernya salah satu teh yang mahsyur buat dioplos sama teh lain, tapi tetep bisa dinikmati buat diseduh sendiri. Terutama buat bapak pecinta teh kental yang cukup wangi. Soal rasa, sepetnya teh ini emang cukup nampol pak. Kalo dijadiin single origin, karakter teh ini jadi energizing sekali, bisa bikin semangat kalo lagi mau ngadepin kerjaan kantor di akhir bulan yang lagi brutal-brutalnya.

Teh Gardoe

Nyang ini teh yang asli dari Solo, tepatnya di daerah Karanganyar. Paporip saya ada dua varian, gardoe biru ama gardoe hijau. Arahnya agak beda nih, pak. Tapi dua teh ini tetep bapak bisa nikmati tanpa kudu bapak repot-repot oplos ama merk lain. Gardoe biru, itu tipe teh yang wangi melatinya nampol. Kalo yang hijau, rasanya lebih berat dan bulet. Lebih sepet, kentel, tapi tetep wangi. Kalo bapak campur tehnya, hasilnya jadi Wasgitel sekali.

Teh Tjatoet

Teh asal Tegal yang masih satu pabrikan ama 2Tang ini termasuk teh yang komponen rasanya rich sekali. Beredarnya di area Jateng DIY juga ini, pak. Penggemar fanatiknya banyak, soalnya rasanya seger sekali. Sepetnya dapet, wanginya nampol, dan kentalnya juga berasa sekali. Tanpa bapak oplos pun udah mantab buat bapak nikmati di sore hari pulang ngantor waktu badan bapak lagi capek-capeknya.

Teh Upet 

Geser ke Barat, yang ini salah satu teh melati terenak. Khas Cirebon, dan ngambil tehnya juga di sekitaran Jawa Barat. Wangi melatinya semerbak dan terasa alami, gak berlebihan sama sekali. Karena basic-nya teh hijau, jadinya warna tehnya bukan yang coklat pekat gitu, pak. Eits, tapi tenang aja, rasa sepetnya masih nendang sekali. Teh ini nikmat banget dijadiin es teh, pak. Waktu Bumi Sawangan lagi panas-panasnya, seger bat rasanya.

Teh Nyapu + Gopek + Dandang Biru

Alternatif racikan paling simpel biar bapak bisa ngedapetin teh wasgitel ala Solo. Perbandingannya 1:1 terus direbus ya, pak. Bukan cuman diseduh. Dandang biru fungsinya biar aroma wangi dan kentel tehnya dapet, kalau Gopek ini tipe yang kompleks dan sepetnya khas biar body tehnya makin berbobot. Teh Nyapu fungsinya buat penyeimbang biar semua rasanya balance. Lalu bapak padukan pakai gula batu yang aduh biyuuuung nikmat sekali. 

Itu dia beberapa rekomendasi merk-merk teh tubruk yang enak dan mantap buat di rumah. Kalo bapak ada rekomendasi lain, silahkeun ditambahin ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
692

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait