Rekomendasi Taneman yang Bisa Nyerap Panas di Rumah

18 Nov 2022

Punya rumah yang adem jadi impian buat semua oran, apalagi buat yang tinggal di daerah panas dan jauh dari pegunungan kaya saya ini. Perlu bantuan alat elektronik kek AC atau kipas angin biar enggak kegerahan. Tapi, resikonya bikin tagihan listrik dari melonjak dan bikin dompet mumet ahehehe.

Ada cara lain biar penggunaan alat elektronik di rumah kita enggak jadi naik dengan pake taneman-taneman yang bisa nyerap panas di rumah bapak nih. Siapa tau bisa ngebantu rumah jadi lebih adem secara alami ya.

Sri rejeki
Kalo bapak pencinta taneman hias, pasti udah gak asing lagi sama sri rejeki ya. Salah satu taneman yang punya banyak varietas dan jadi primadona karna perawatannya yang gampang dan daya tahan taneman yang lama. Taneman ini bisa tumbuh di dalem ruangan yang punya kondisi pencahayaan rendah bahkan lembab sekalipun. 

Cara ngerawatnya juga gampang pak, sri rejeki gak perlu disiram tiap hari. Kalo disiram tiap hari justru malah bikin taneman ini jadi layu dan jadi kuning. Dua kali seminggu aja disiramnya cukup kok pak. Makanya, taneman ini jadi salah satu yang direkomendasiin kalo bapak kepingin punya taneman dengan kualitas ngejernihin udara yang bagus karna ngeluarin oksigen yang bikin udara di rumah jadi lebih bersih.

Lidah buaya
Eits, ini bukan lidah buaya beneran ya pak. Taneman lidah buaya ini emang terkenal karna manfaatnya sebagai obat yang bisa nyembuhin dari gigitan serangga dan luka bakar. Kandungan airnya yang tinggi bikin taneman ini juga punya manfaat buat nyerap karbondioksida dan ngelepasin oksigen di malem hari. Bisa bikin ruangan jadi lebih sejuk.

Ngerawat lidah buaya juga gak susah kok pak. Kalo bapak baru mau nanem, coba deh cari lahan di rumah yang karakteristiknya lebih kering dan punya daya serap air yang tinggi. Lidah buaya punya kemampuan kaya kaktus yang bisa nyimpen air buat waktu yang lama. Jadi, gak butuh keseringan buat nyiram. 

Palem bambu
Pohon palem kecil yang asalnya dari Meksiko dan Amerika Tengah ini juga jadi salah satu taneman yang bisa jadi pelembab udara di dalem rumah. Kemampuannya nyaring benzena dan trikloretilena jadi salah satu faktor juga. Taneman ini efektif buat ngurangn polutan dan racun udara dan cocok buat ditaro di sudut-sudut rumah bapak. Gak cuma itu, taneman ini juga punya manfaat buat ngebantu ngurangin kulit kering.

Cara ngerawatnya juga gak susah-susah banget, tinggal tempatin di tempat yang cukup cahaya terang dan enggak terkena langsung. Jangan lupa disiram pas masuk musim panas ya pak. Taneman ini jangan sampe tanahnya tergenang air ya pak, soalnya sensitif banget sama air yang kebanyakan.

Sansevieria
Sansevieria atau lidah mertua jadi salah satu taneman terbaik menurut NASA buat ngilangin polutan di dalem ruangan. Apalagi daunnya yang punya kandungan air yang tinggi ini bikin ruangan jadi adem walaupun cuaca lagi terik-teriknya. Bapak bisa naro lidah mertua di pinggir jendela yang ada sinar mataharinya supaya gak berlebih dan kehalang sama taneman ini.

Buat cara perawatannya, bapak cukup siapin pot yang punya sistem drainase bagus atau gampang dilepasin. Trus, tempatin lidah mertua di bawah sinar matahari gak langsung. Taneman ini bisa gampang adaptasi sama cahaya yang ada di rumah. Kalo kena sinar matahari langsung, bisa bikin taneman ini kering. Jangan keseringan disiram juga ya pak.

Sirih gading
Ini nama taneman ya pak, bukan nama negara ahehehe. Taneman sirih gading ini jadi salah satu taneman hias yang kudu ada di sekitaran rumah. Selain punya manfaat nyerap racun-cacun berbahaya, taneman ini juga bisa ngatur sirkulasi udara dan ngurangin polusi di rumah. Cocok banget deh buat ditaro di kamar, dapur, atau ruangan yang gak punya sirkulasi udara yang baik pak.

Cara ngerawat sirih gading ini hampir mirip kaya lidah mertua. Taneman ini gak suka kena cahaya matahari langsung dan lebih hidup di tanah yang gembur di dalem pot. Jangan lupa ngerawat daunnya karna taneman ini termasuk taneman rambat. Kudu sering-sering dipantau ya pak.

Pilih salah satu taneman yang paling cocok buat ngebantu bikin rumah gak panas lagi ya pak. Kalo emang bapak demen banget sama taneman hias yang punya banyak manfaat, kelimanya juga boleh dikoleksi, biar rumah adem terus tanpa perlu nguras dompet karna bayar listrik yang mahal ahehehe.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
18 Nov 2022
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait