Cara Nanem Kangkung Di Rumah Biar Tiap Hari Nyayur Terus

Bacaan 2 menit

Seperti yang kita tahu, kangkung ini termasuk sayur yang sering ditemuin di pasar, di abang sayur komplek rumah, bahkan di restoran. Soalnya masak kangkung ga begitu ribet, dijadiin lalapan, bisa. Dimasak tumis, juga enak. 

Biar bapak dan istri ga ribet ke pasar atau cape neriakin abang sayur yang lewat depan rumah, mending coba tanem sendiri dirumah pak. Jadi begini nih tipsnya :

1. Siapin Benihnya Pak
Benihnya gampang banget dicari di marketplace kesayangan pak. Harganya variasi, tinggal pilih mau yang curah atau yang kemasan. Ada juga benih kangkung super, nanti pas panen hasilnya lebih tinggi dan besar-besar daunnya.

2. Sediain Wadah Sama Tanahnya
Nah tanah ini sebagai media tanamnya ya Pak, kalo bisa sih tanah yang dijual di tukang kembang, biar lebih bagus nanti hasil panennya. Wadahnya bisa pake pot atau poli bag. Kalo pekarangan bapak luas, bisa juga tuh nanem di pekarangan pak.

3. Tabur Benih Di Atas Tanah
Kangkung termasuk sayur yang "bandel" Pak, ditabur sembarang aja tumbuh dia mah. Cuman biar hasilnya bagus, tanah yang udah dimasukin pot/polybag tadi dilubangi dulu kira-kira 1 ruas jari, terus masuk 3-5 benih per-lubangnya. Abis itu jangan lupa ditutup lagi pake tanah ya pak. 

Simpen di tempat yang teduh dulu, biar ga kepanasan. nanti kalo udah tumbuh 3-4 daun pindahin ke tempat yang kena sinar matahari.

4. Jangan Lupa Siram
Siram tiap 2 - 3 hari pak, atau kira-kira tanahnya udah kering. Siram pake air biasa atau air cucian beras biar makin gacor pertumbuhannya. Kalo bapak punya pupuk NPK lebih cakep lagi, tabur aja diatas tanahnya pak, secukupnya aja jangan kebanyakan.

5. Waktunya Panen
Kangkung bisa dipanen 30 - 45 hari setelah tanam pak, atau tingginya udah 10 - 20 cm. Bisa juga lebih cepet, tergantung selera bapak. Panennya jangan dicabut sampe akarnya ya pak, cukup di potong aja batang kangkungnya 3 - 5 cm dari akar, biar nanti bapak bisa panen lagi.

Kurang lebihnya kaya gitu pak tips nanem kangkungnya. Ini juga bisa bapak terapin kalo mau nanem bayem ya pak, kalo bayam benihnya kecil-kecil dan juga warna daunya variatif, ada bayam merah dan bayam batik (mix ijo sama merah. Gimana, udah siap nyanyur tiap hari? Silahkan dicoba pak!

Ditulis oleh:
uunpatjul
Bacaan 2 menit
Dilihat :
284

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait