Taneman Eceng Gondok Bukan Sampah, Ini Manfaatnya, Pak!

Bacaan 2 menit

Eceng gondok, taneman yang secara familiar sering kita liat di kolam atau danau yang luas. Eceng gondok emang seringnya dianggep sebagai taneman gulma atau dianggep enggak ada manfaatnya, dianggep bakalan mengancam buat ekosistem di sekitar, dan sering dianggep jadi penyebab banjir juga. 

Punya daun yang lebar, tebel, mengkilap, dan yang sering diliat bisa ngapung di atas air sampe 1 meter ini ternyata enggak cuma jadi sampah di ekosistem air aja. Tapi, juga punya beberapa manfaatnya loh pak. Apa aja ya?

Bikin kolam ikan lebih bersih 
Buat bapak yang punya bisnis budidaya ikan, manfaatin eceng gondok bisa jadi salah satu solusinya pak. Taneman yang biasanya ngambang di kolam ikan ini bisa ngebikin jadi lebih bersih. Akar eceng gondok bisa nyerap kotoran yang ada di dalem kolam.

Sedangkan daunnya bisa ngelindungin kolam sama ikan dari panas matahari yang menyinari. Kolam yang dilindungin ini bisa ngebantu suhu airnya. Nanemnya juga gampang banget kok pak, tinggal taro aja di atas permukaan airnya. Soalnya eceng gondok ini bisa nyebar dengan sendirinya.

Bisa jadi pupuk organik
Selain akarnya yang bisa nyerap kotoran yang ada di dalem kolam, sebenernya semua bagian eceng gondong itu bisa dimanfaatin dengan baik kaya diolah jadi pupuk organik cair buat taneman lainnya dan bikin subur karna kandungan karbon, natrium, fosfor, kalium sama asam humat.

Manfaat dari pupuk organik eceng gondok ini bisa ngebuat tanah yang gersang jadi subur dan lebih punya manfaat. 

Bisa nyerap logam
Buat kita yang awam, eceng gondok ini emang selalu dianggep limbah. Padahal, selain 2 manfaat di atas, eceng gondok ini punya fungsi sama manfaat buat nyerap polutan logam di dalem air. 

Terutama buat di perairan yang udah tercermar, eceng gondok yang nyerap polutan logam kaya tembaga sama timbal industri sama limbah domestik yang ada di sekitaran kolam.

Ngasih nutrisi ke taneman 
Sebagai salah satu taneman yang perkembang biakan di air paling cepet ngebikin eceng gondok punya unsur hara yang bisa dimanfaatin buat pupuk organik kaya yang saya jelasin di nomer dua. Walopun sering dianggep sampah, ternyata eceng gondok ini bisa ngasih nutrisi ke taneman pak.

Senyawa humat yang dipunya eceng gondok ini bisa ngehasilin fotohormon yang bisa bikin pertumbuhan akar taneman jadi lebih cepet. Bisa banget dipake buat ngasih nutrisi ke sayuran kaya seledri, bawang daun, tomat, sama taneman palawija lainnya.

Dibikin kerajinan tangan
Salah satu manfaat yang paling populer dari eceng gondok ini yaitu dibuat kerajinan tangan nih pak. Selain karena punya nilai seni, eceng gondok yang diolah jadi kerajinan tangan ini punya nilai jual yang lumayan banget di pasar pak.

Kerajinan tangan yang dihasilin mulai dari sendal, tas belanja, sendal, keranjang, atap, bahkan sampe ke gazebo yang bisa dipake di rumah kita.

Gimana pak? Eceng gondok ternyata enggak cuma jadi taneman sampah aja nih. Bahkan, bisa aja punya lebih dari lima manfaat yang saya tulis di atas. Bapak tau manfaat eceng gondok lainnya enggak nih? Share dong.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
Bacaan 2 menit
Dilihat :
628

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait