Alasan Kenapa Muka Bapak Keliatan Tua, Padahal Bapak Masih Muda

Bacaan 3 menit

Walaupun sekarang bapak masuknya di umuran bapak-bapak tanggung, kadang ada yang bilang muka bapak keliatan tua. Padahal dalam batin bapak "ah saya kan masih muda, masih umur sekian". Eittss, kagak cuman masalah umur pak. Ini beberapa hal yang bikin muka keliatan tua,

Paparan Sinar Matahari

Kalo kelamaan kena sinar matahari bikin bapak keliatan lebih tua. Kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari merupakan penyebab utama kerutan dan hilangnya elastisitas kulit, yang dapat membuat bapak kelihatan lebih tua.

Beberapa cara sinar matahari merusak kulit adalah sebagai berikut:

  • Sinar UV dari matahari ternyata merusak kolagen dan elastin, serat yang membuat kulit bapak keliatan muda dan elastis. Ketika rusak, muka bapak jadi keliatan berkerut.
  • Paparan sinar matahari juga bisa bikin pigmentasi yang kagak merata, seperti bintik-bintik penuaan dan bintik matahari (sun spots) pada wajah.
  • Sinar UV juga bisa ngerusak pembuluh darah di kulit yang ngebikin kulit jadi keliatan kusam.

Bapak bisa rutin pake sunscreen buat ngejaga kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Pake topi dan kacamata hitam juga bisa mengurangi paparan sinar matahari.

Genetik

Kalo ini mah emang udah kaga bisa diapa-apain, pak. Embrace aja. Beberapa orang secara alami memiliki ciri-ciri yang membuat mereka terlihat lebih mature dan tua. Jadinya kagak usah khawatir pak, karena emang udah genetik. Penjelasannya adalah sebagai berikut,

  • Produksi kolagen dan elastin
    Gen memengaruhi jumlah kolagen dan elastin yang diproduksi tubuh bapak, dan variasi dalam gen ini bisa memengaruhi seberapa rentan kulit bapak terhadap kerutan.
  • Perbaikan sel kulit
    Beberapa gen ikut ambil peran dalam perbaikan dan pemeliharaan DNA. Variasi pada gen ini, seperti gen WRN, bisa berpengaruh ke seberapa baik sel kulit bapak sembuh dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Gen juga dapat memengaruhi respons inflamasi tubuh bapak
    Variasi gen seperti IL-6, yang terkait dengan inflamasi kulit, dapat memengaruhi elastisitas kulit dan pembentukan kerutan.

Gaya Hidup

Gaya hidup yang kagak sehat juga sangat berpengaruh. Kurangnya minum air, kurang tidur dan ngerokok bisa bikin muka bapak tambah keliatan tua. Stres manajemen juga penting, pak. Karena kalo bapak stres, muka bapak bisa mengalami penuaan dini.

Makanan yang dikonsumsi

  • Gula dan makanan olahan
    Dua hal ini bisa ngerusak kolagen. Kolagen ini merupakan jenis protein yang ngejaga kulit bapak tetep kenceng dan terlihat muda. Bapak harus bisa nerapin diet sehat yang di dalamnya termasuk buah, sayuran dan gandum. Makanan ini bisa memberikan antioksidan yang melawan radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penuaan.

  • Lemak sehat
    Tapi lemak sehat jangan di lewatin juga, pak. Lemak sehat bisa bapak dapetin dari alpukat, kacang, minyak zaitun. Karena dia bakal ngejaga kulit bapak tetep sehat dan kenyal.

Tidur
Bapak harus luangin waktu sekitar 7-8 jam buat tidur malem. Karena ketika bapak tidur, kulit bapak bakal memperbaiki yang rusak dan regenerasi dengan sendirinya. Kurang tidur kronis bisa bikin kulit bapak kusam, keliatan gembul dan memunculkan dark circles (mata panda).

Minum air putih yang banyak
Dehidrasi bisa bikin muka bapak jadi kendor, kagak kenceng lagi. Jadinya kerutan makin keliatan. Bapak harus memastikan kalo terhidrasi dengan baik, biasakan minum yang banyak buat ngejaga kulit bapak tetep terhidrasi dan glowing.

Manajemen stress
Stres kronis juga bisa ningkatin level kortisol, yang mana nanti dia akan memecah kolagen dan bikin kerutan pada wajah bapak. Bapak harus cari cara buat memanage stress dengan baik. Bisa dengan olahraga, meditasi atau yoga.

Berhenti ngerokok
Ini mah udah jelas bat, pak. Keseringan rokok bisa ngehambat aliran darah ke kulit. Bikin kulit bapak kekurangan oksigen dan nutrisi. Ujungnya pembentukan kerutan jadi lebih cepet dan membuat kulit bapak keliatan pucet. Atulah, pak. Mending uang rokoknya bapak buat beli skinker.

Olahraga teratur
Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi, yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit. Kalo bisa diusahain seengganya tiap hari bapak bisa 30 menit olahraga dengan intensitas sedang. Emang susah sih, pak. Tapi demi muka bapak awet muda, kagak awet tua kek sekarang.

Untuk catatan, semua poin ini saling berhubungan. Mengonsumsi makanan yang sehat akan membantu bapak tidur lebih nyenyak, mengelola stres dapat meningkatkan kualitas tidur bapak, dan lain sebagainya. Terus dengan melakukan perubahan pola gaya hidup, Bapak kagak cuman ngebantu kulit bapak keliatan lebih muda, tapi juga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bapak juga. Semoga artikel mengenai kenapa muka bisa terlihat lebih tua ini bisa membantu ya,pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
53

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait