Sebelum Saya Mati, Saya Ingin Sekali Bekalin Hal2 Ini Ke Anak Perempuan Saya

10 May 2022

Mengenalkan konsep ketuhanan dan ilmu agama, saya pingin banget putri saya akhlak dan adabnya baik, salehah, dan cerdas secara spiritual. Agar hidupnya tetap "terang" ketika saya udah gak ada dan bisa jadi penolong saya kelak di akhirat. Part ini saya banyak dibantu istri saya, karena ilmu agama saya masih cetek. Masih belajar.

Skill percaya diri, anak saya harus tau kalau dia sangat spesial, bukan karena dia anak saya. Tapi memang dia spesial. Saya tau banget kualitas diri dia. Saya gak pingin dia lupa hal ini.

Skill critical thinking, design thinking, problem solving dan membaca buku. Gak ada cara lain selain menjadi contoh untuk mengajarkan hal ini. Saya punya papan tulis guede banget di rumah, saya sering bikin mind mapping di situ. Dia suka ikutan coret2. Dan kalau saya baca buku sebisa mungkin dia harus lihat. Alhamdulillah, logic anak saya keren banget untuk bocah umur 5 tahun, dan dia sangat suka buku.

Pengingat kalau bapaknya sayang sekali sama dia. Waktu anak saya lahir, saya bikin email atas nama dia. Yang nanti akan saya kasih aksesnya ketika dia sudah 17 tahun atau saya sudah meninggal, mana aja yang paling duluan. Saya suka kirim email ke sana, yang isinya semua perasaan saya ke dia, kayak betapa saya bahagianya ketika dia hadir di hidup saya. Saya juga punya cloud isinya foto2 dan video2 kami sekeluarga. Dan memori2 yang masih kami ciptakan biar dia selalu ingat, kalau bapak sayang sekali sama kamu, nak.

Tabungan sekolah, kuliah dan aset (warisan), karena saya tau saya bisa meninggal kapan saja. Dan anak saya harus tetap bisa sekolah dan kuliah. Saya juga ingin anak dan istri saya gak pusing sama kebutuhan hidup ketika gak ada saya lagi, karena investasi yang sudah saya jalankan.

 

Ditulis oleh:
James Jan Markus
10 May 2022
Dilihat :
44

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait