Style Rambut Pria yang Cocok buat Bapak Cukur Rambut

Bacaan 4 menit

Pengen potong rambut tapi suka bosen sama gaya rambut yang itu-itu aja, kadang bikin niatan cukur rambut jadi berantakan. Mau cukur rambut Korean style kok kayaknya udah gak pantes, mau potong kayak biasa juga udah kelewat bosen. Mungkin beberapa rekomendasi style rambut pria berikut ini ada yang cocok buat diaplikasiin sama Bapak pas cukur rambut nanti.

Undercut

style-cukur-rambut-pria-undercut

Potongan rambut pria peringkat satu nasional, paling ultimate. Potongan dengan bagian samping tipis dipadukan dengan bagian atas yang di-styling mengarah ke samping dan bagian depan dibuat agak bervolume. Ini potongan paling SNI (Standar Ngantor Indonesia) yang cocok dipakai mulai kegiatan bekerja sampai kondangan.

Pompadour

style-rambut-pria-pompadour

Potongan yang cocok untuk bapak-bapak yang tidak suka rambut bagian atasnya terlalu pendek. Tidak cocok untuk Bapak yang memiliki rambut ikal. Untuk styling-nya bisa dibantu dengan pomade. Musuh utama dari gaya rambut ini biasanya air hujan, topi, sama helm, soalnya rambut Bapak bakalan teplek kek topo.

Kali aja Bapak butuh: Mengenal beberapa jenis shampoo yang cocok dengan kebutuhan rambut bapak

Spike

style-rambut-pria-spike

Sekilas mirip seperti Quiff Pak, tapi bedanya seluruh area rambut bagian atas dibuat berdiri. Styling-nya lebih banyak pakai tangan, memberikan kesan fresh, lebih muda, dan enerjik. Sangat trendy 20 tahun lalu, cocok untuk bapak-bapak berusia matang yang bekerja di industri kreatif biar keliatan lebih muda dikit.

Quiff

style-rambut-pria-quiff

Pernah nonton kartun Tintin, Pak? Nah, itu potongan rambutnya Quiff. Potongan dengan styling rambut atas bagian depan yang dibuat jambul, cocok buat bapak-bapak yang butuh tampilan fresh dan tidak suka pakai sisir. Cukup pakai tangan dipadu dengan hair dust atau pomade untuk menahan bentuknya.

Man Bun

style-rambut-pria-man-bun

Solusi untuk bapak-bapak yang suka rambutnya tetap panjang dan diikat. Cukup rapikan bagian bawahnya aja, Pak. Akan lebih cocok kalau Bapak brewokan, bakal jadi perpaduan yang rapi dan kasih kesan sangar. Jangan males buat cukur rambut bagian bawahnya juga, Pak. Harus keliatan ke-fade gitu bagian bawah rambutnya biar gaya rambutnya keliatan lebih niat.

French Crop

style-rambut-pria-french-crop

Solusi kekininan untuk Bapak yang punya rambut tebal dan ikal nih, Pak. Potongan rambut atas yang pendek dengan rambut bagian depan yang di-crop memberikan kesan tegas dan stylish.

Buzz Cut

style-rambut-pria-buzz-cut

Rekomendasi untuk Bapak yang suka potongan rambut pendek. Bagian sampingnya ditipisin tinggi ya Pak, atasnya dipotong sangat pendek. Style ini terkesan simple dan cocok untuk Bapak yang males ribet styling rambut. Tinggal sat set, ready to go!

Kalo Bapak tipikal orang yang mentingin banget style bagian belakang rambut, ada banyak pilihannya juga ternyata.

Taper

Pengertian Taper sendiri adalah gradasi antara rambut panjang dan pendek hingga ke garis rambut. Ada banyak jenisnya juga nih, Pak.

Classic Taper

style-rambut-pria-classic-taper

Cukuran rambut ini lebih mudah dirawat karena sisi yang lebih pendek yang mudah ditata, tapi tetap keliatan maskulin dan gak ketinggalan zaman juga. Ini jadi salah satu style rambut yang paling cocok di semua kalangan. Buat ngehasilin look rambut yang kayak begini, rambut bagian samping sama belakang dipotong rapat. Buat bagian atas, biasanya bakal dibiarin panjang sekitar dua inci.

Tight Classic Taper

style-rambut-pria-tight-classic-taper

Cukuran rambut model ini, bagian samping sama belakangnya tetap dibuat pendek dengan nyisain rambut bagian depan yang dibiarin gitu aja bahkan lebih panjang supaya bisa di-styling model lainnya.

Traditional Classic Taper

style-rambut-pria-traditional-classic

Buat dapet cukuran rambut yang kayak gini, bagian samping sama belakangnya dipotong pendek terus bagian atasnya dipanjangin sekitar 3 inci. Bapak juga bisa tambahin jenggot tipis yang udah dicukur rapi buat nambah tampilan kasar tapi tetep cocok buat ke kantor.

Fade

Banyak orang sering ketuker-tuker antara Taper sama Fade, padahal keduanya ini berbeda. Fade berbeda karena bagian kepala yang memudar, bisa sampai keliatan  kulit kepala dan berakhir di atas garis rambut yang alami. Fade punya beberapa macem model lagi, Pak.

Low Skin Fade

style-rambut-pria-low-skin-fade

Rambut dengan potongan ini memperlihatkan kulit sekitar kurang lebih satu inci di atas garis rambut alami. Fade-nya turun ke belakang telinga dan di bagian belakang kepala, jadi satu inci kulit keliatan lebih rata di sekelilingnya.

Mid Skin Fade

style-rambut-pria-mid-skin-fade

Buat mid fade ini, kulit kepalanya dibikin keliatan bergaris sampai atas kepala. Garisnya sendiri dimulai dari sekitar alis, terus turun lagi ke bagian belakang telinga dan sampai ke belakang bagian kepala. Tapi gak sampe bawah banget.

High Skin Fade

style-rambut-pria-high-skin-fade

High skin fade ini bikin banyak bagian kulit terbuka, pencukurannya dimulai dari sekitar bagian atas dahi depan dan hampir sampe ke ubun-ubun kepala bagian belakang.

Taper Fade

style-rambut-pria-taper-fade

Kalo mau cukur rambut model ini, rambut Bapak bakal dibikin meruncing sampe ke garis rambut, terus warna pudar di kulit cuma keliatan di pelipis sama tengkuk doang. Seperti biasa, garis rambut tetap berada di belakang telinga.

Brust Fade

style-rambut-pria-brust-fade

Biasanya rambut Bapak bakal dipotong setengah lingkaran di sekitar telinga, fade-nya jatuh ke belakang telinga sampe di sisi leher.

Brust Taper Fade

style-rambut-pria-brust-taper-fade

Bentuk cukurannya sama kayak Brust Fade cuma di bagian pelipis rambut Bapak bakal dipotong dengan bentuk setengah lingkaran atau Brust.

Sebenernya masih banyak banget style rambut pria yang bisa Bapak pilih pas cukur rambut. Tapi gak sedikit juga yang namanya beda, style-nya sebenernya sama.

Jangan lupa buat rawat rambut juga: Anjuran Keramas Sesuai Tipe Rambut yang Bapak Punya

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
73

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait