Tips Mengolah Daging Kambing Biar Bau Prengusnya Ilang

Bacaan 2 menit

Bau prengus pada daging kambing sering banget jadi kendala bagi sebagian orang untuk menikmatinya. Tapi tenang pak, ini saya mau kasih tau tips mengolah daging kambing biar bau prengusnya ilang. Biar masakan Idul Adha bapak semakin lejat dan menggugah selera.

Kalo bisa pilih daging kambing muda

Daging kambing muda umumnya memiliki bau prengus yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging kambing tua. Kalau mau dapat daging yang kagak terlalu bau, bapak bisa pilih kambing yang paling muda. Bapak bisa bedain dari warna dagingnya, kalo muda dia warna dagingnya tidak terlalu merah. Sebaliknya kalau dia tua, akan lebih merah warnanya. Daging yang lebih mudah juga akan lebih empuk.

Dagingnya jangan dicuci

Karena kalo bapak cuci dagingnya, bakal bikin baunya tambah keluar. Bapak kagak usah khawatir karena nanti ketika proses perebusan daging, bakteri dan kumannya bakal mati. Jadinya aman buat dikonsumsi. Dan juga biasanya mamang tukang potong daging kambing udah tau kalo dagingnya gabakal dicuci, jadinya dia ngerti cara nyimpen daging kambingnya.

Potong bagian lemaknya

Bagian lemak pada daging kambing ini merupakan salah satu sumber bau prengus,pak. Jadi kalo bisa bapak potong dulu bagian lemak yang berlebih sebelum dagingnya diolah. Lemak ini biasanya bewarna putih di daging kambing dan ga harus dipotong semuanya, pak. Kalo bapak mau daging kambing bapak tetep gurih, bapak bisa kurangi aja bagian lemaknya, biar kaga terlalu bau.

Barangkali bapak tertarik baca : Makanan-makanan Indonesia yang ternyata Fusion dari Luar Negeri

Rebus daging dengan dua kali proses perebusan

Pertama-tama bapak siapin dulu air di panci, terus didihkan. Kalo airnya udah mendidih, bisa bapak masukin dagingnya. Volume airnya bisa disesuaikan sama daging kambing yang mau bapak olah. Nah, buat proses yang kedua, air bekas rebusan tadi bapak buang, terus bapak ngerebus dagingnya pake air dingin. Kenapa air dingin? Biar sari dari daging kambing masih bisa keluar jadinya dagingnya tetep juicy. Buat metode air dingin bapak bisa pake metode 5-30-7, bapak bisa rendem daging kambingnya sampe air mendidih selama 5 menit, abis itu matiin kompornya dan diamkan selama 30 menit. Terakhir dagingnya direbus lagi selama 7 menit.

Baluri daging dengan bumbu

Bapak bisa balurin daging kambing dengan bumbu rempah seperti jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, dan merica. Bumbu-bumbu ini bisa bantu menetralisir bau prengus dan menambah flavor pada daging. Mantap sekali, mister!

Untuk bagian merebus daging sebenernya bapak bisa pake bahan-bahan alami kek jahe yang udah di geprek, daun salam, cuka, jeruk nipis. Tapi biar ngejaga rasa dagingnya tetep kambing banget, saya nyaranin pake air aja. Semoga bermanfaat ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
107

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait