Tips-Tips Sebelum Beli Motor Bekas biar Kaga Ketipu

Bacaan 3 menit

Motor bekas gak selalu buruk. Apalagi kalo keuangan bapak emang gak memumngkinkan buat beli motor baru. Yang penting pak, bapak kudu tau apaan aja yang harus dicek sebelum beli motor bekas. Jangan sampe kecele sama penjualnya, nanti yang ada malah amsyong lebih gede lagi.

Jangan buru-buru di idupin

Kesalahan banyak pemula nih, pak. Pertama kali pegang calon motornya, jangan langsung di stater. Soalnya banyak hal-hal yang kudu bapak cek pas kondisi dingin. Apan kalo udah terlanjur panas, nunggu dinginnya bakal lama lagi, pak. Abis ini bakal kami jelasin lebih detil yak.

Cek bodi-bodi center apa kaga

Terutama spakbor depan ama belakang. Perhatin garisnya, jatuh pas ditengah ban apa kaga. Kalo miring, ada indikasi motor bekas laka. Liat juga semua sambungan-sambungan ama nat body-nya. Pastiin jarak sambungannya seragam, kaga ada yang lepas dan nyengsol. Ini penting banget, biar bapak kaga dapet motor yang rangkanya udah pres-presan gegara nabrak.

Cek olinya dulu, pak

Bapak bisa buka dipstik oli di bagian atas mesin. Liat level olinya, pak. Soalnya seller-seller nakal kadang ngurangin oli ampe setengah, biar motor kaga keliatan ngebul. Liat warna olinya juga, pak. Kalo butek kek susu, artinya air radiator udah nyebrang ke mesin. Rungkad itu, pak. Terakhir, rasain olinya pake tangan, berasa kasar dan kekentalan-nya wajar apa kaga.

Rekomendasi Merek OEM Sparepart Sepeda Motor

Periksa lubang knalpotnya

Ini salah satu alesan kenapa motornya kudu dingin. Usap bagian dalem lubang knalpotnya pake jari, pak. lya, masukin aja jarinya. Kalo udah, bapak rasain dalemnya kering apa berminyak. Khusus buat motor 4-tak, kalo berminyak indikasi kuat mesinnya rungkad, pak. Harus turun atau belah mesin. Skip aja dah, daripada amsyong, ngebenerinnya bisa abis jutaan.

Periksa fisik mesin ama baut-bautnya

Dari mesin dulu, pak. Periksa semua sambungan-sambungan, ada rembesan cairan apa kaga. Termasuk kondisi perpak-nya masih bawaan atau udah gantian. Biar tau, mesin udah pernah bongkar atau belum. Terus perhatiin juga baut-bautnya. Udah pada rusak, berkarat, atau masih kinclong. Baut-baut pada berkarat bisa jadi ciri motor bekas kerendem banjir juga.

Surat-surat harus akur

Terakhir dan penting banget-bangetan. Nomor mesin ama nomor rangka di BPKB pastiin semuanya percis kek di motor. Kalo kesulitan, bapak bisa minta tolong petugas showroom-nya. Jangan lupa cek STNK ama pajak. Terutama pembayaran pajaknya, pak. Apakah masuk progresif atau bukan, soalnya selisihnya mayan bat itu, pak. Dan pastiin ETLE-nya juga jangan ampe ada tunggakan.

Kalo bisa test drive motornya

Penting banget, buat ngerasain tarikan motornya. Ada brebet, gasnya berasa nahan, atau tenaganya mulai ngempos apa kaga. Selain mesin, kaki-kaki juga perlu dirasain banget-bangetan. Rasain handling motornya masih solid apa kaga. Terus rasa dipakenya masih presisi atau udah mulai lari-lari. Di sini bisa ketauan kondisi suspensi ama kondisi rangka yang udah
bekas tabrak atau bukan.

Stater terus dengerin suaranya

Motor wajb banget gampang diidupin. Kalo udah idup, jangan bapak gas-gas dulu motornya. Dengerin aja suara motornya bisa langsam apa kaga. Bagian mesin ama CVT juga wajib alus. Kalo bunyinya udah mulai "meriah" skip aja, pak. Jangan lupa liat knalpotnya juga. Udah ngebul atau belum. Kalo udah mulai ada asep tipis mending cari unit lain aja.

Kontak "On" dulu motornya

Liat indikator-indikator yang ada displaynya-pak. Terutama ABS, Check engine, ama indikator aki kalo ada. Abis bapak kontak, indikatornya wajib segera mati. Kalo masih tetep nyala, berarti ada malfungsi, pak. Bisa di ECU, Sensor, atau Aki-nya yang soak. Ngurusin beginian bisa bikin pening dan kaga murah juga soalnya, pak.

Periksa karat-karat di rangkanya

Terutama bagian-bagian yang kagak terjangkau ama tangan. Bapak bisa senterin pake flash hape atau bawa senter sendiri dari rumah biar terang. Liat di bagian ujung-ujung sambungan ada karat apa kaga. terus kalo bagian atas banyak kotoran macem tanah, bisa jadi bekas banjir juga itu, pak. Cara ngeliatnya bisa lewat bagian bawah jok. Jadi dibuka dulu joknya, pak.

8 Rekomendasi Merk Sparepart Motor Terbaik Selain OEM

Kalo bapak milih motor baru aja teliti bener, apalagi motor bekas yang butuh perhatian dan ketelitian yang tinggi. Salah milih nanti bakal bikin rugi kantong sendiri.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
24

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait