Tips untuk membentuk kebiasaan baru yang positif.

23 May 2022

Bapak pernah susah untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat, olahraga? atau yang paling simple kayak ngerubah habit bapak untuk doyan baca buku. Terus gagal melulu? Izin sharing ya pak, ini saya coba ngerangkum formula saya yang alhamdulillah berhasil buat saya yang pemalas ini.

  1. Set Goal yang clear, kalau saya biasanya bikin goal pake formula SMART (Specific, Measureable, Achieveable, Relevant, Time bound). Contoh "Dalam waktu satu bulan, saya harus bisa lari 1km dibawah 11 menit" ini ngebuat tujuan saya jadi spesifik, ada yang bisa diukur, bisa dicapai (bukan yang ngadi2) dan yang paling penting ada target batas waktunya. 
  2. Buat sesederhana mungkin, karena apa? ya benar supaya kita gak males, jangan langsung membebani diri dengan berbagai target besar yang harus diselesaikan. Semakin besar dan semakin rumit nasibnya bakal jadi wacana doang ini mah kalao berdasarkan pengalaman saya. Jadi lebih baik diawali dari tindakan kecil terlebih dulu.
  3. Bikin jadwal, semakin detail semakin mantap, tapi yang paling penting langkah selanjutnya "komitmen sama jadwal" karena tanpa ini, kek pepatah "ateng bawa kayu" gak komitmen sama jadwal no thank you.
  4. Hargai setiap pencapaian, Kasih self reward, sebagai bentuk apresiasi aja pak, biar semangat bapak kek dikasih NOS gitu, geber mulu. Bisa dengan ucapan "wowww, kamu hebat sekali Nawir" atau biasanya saya self reward pake makanan. Kalau dalam seminggu saya melakukan intermittent fasting full,satu hari pas bukanya saya pake sate kambing ama sopnya gitu. Ehehe
  5. Yang terakhir kasih waktu, ada namanya "The 21/90 Rule" butuh 21 hari untuk membentuk kebiasaan, butuh 90 hari untuk jadi gaya hidup (lifestyle). Jadi kalau saya mau mulai mencoba sesuatu, minimal saya harus melakukannya selama 3 hari berturut-turut, karena saya yakin kita butuh waktu untuk bisa terbiasa melakukan hal yang baru dengan cara yang benar. 
quote

Jadi kalau saya mau mulai mencoba sesuatu, minimal saya harus melakukannya selama 3 hari berturut-turut

Ditulis oleh:
Munawir Bin Sabin
23 May 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait