Yang Kudu Bapak Lakuin Kalo Anak Bapak Lagi Dimarahin Ibunya

Bacaan 2 menit

Sering banget kejadian pas istri bapak lagi marahin anak bapak, bapak jadi salah tingkah. Bapak bingung harus apa dan mikir gimana caranya biar kaga ikut kena marah (semoga aja). Tenang aja pak, ini saya kasih tau yang harus bapak lakukan ketika anak lagi dimarahin istri.

Kagak usah ikut-ikutan marahin

Bapak kagak usah ikutan marahin anak bapak, apalagi kalau gak tau masalahnya. Bapak bisa merhatiin dan milih duduk dulu. Nah, kalo istri udah agak redaan, bapak bisa tanya ke istri dan ngomong heart to heart ke anak bapak. Gak pake emosi dan gak perlu nyalah-nyalahin. Tujuannya adalah biar anak bapak ngerasa tetep dituntun dan dia gak ngerasa sendirian.

Netral

Kalo istri lagi panas, bapak bisa jadi kulkasnya. Intinya, biar kagak kejebak sama emosi negatif yang ditimbukan dan berujung penyesalan gara-gara ngebentak anak. Kalo bisa keluarin deh tuh pak, kalimat-kalimat yang bisa bikin tenang perasaan istri bapak, kayak "Udah sayangku, duduk dulu yuk", atau "Ini aku bawain minum biar kamu lebih tenang."

Temenin

Dulu saya biasanya bakal kabur kalo istri lagi marahin anak karena takut kepancing emosi. Tapi makin kesini saya mikir, kalo saya gak ada disitu, saya khawatir istri malah makin meledak-ledak. Sejak saat itu, saya milih tetep ada di situ buat ngejagain situasi biar gak makin parah. Sebaliknya juga, istri saya juga melakukan hal yang sama kalo saya lagi marahin anak.

Ajak makan di luar sambil ngobrol kalo kondisi udah mereda. 

Sekiranya emosi istri dan anak udah mereda, dan suasananya udah netral, biasanya saya ngajak mereka makan di luar. Karena kalo bapak tau, jauh lebih mudah menerima pendapat dan nasehat saat perut kenyang. Bapak perhatiin aja istri atau anak bapak kalo laper, pasti rewel.

Kira-kira itu dia pak apa yang harus bapak lakukan ketika anak lagi dimarahi istri. Jangan kabur pak kalo istri lagi marahin anak bapak. Kalo ada tips yang lain boleh ditambahin ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
80

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait