3 Hal yang Perlu Diperhatikan Kalo Bapak Mau Nitipin Anak ke Daycare

Bacaan 2 menit

Bapak sama istri yang punya kesibukan di kantor pasti pernah kepikiran buat nitipin anak ke daycare. Apalagi kalo anak udah agak gedean tapi usianya belum cukup buat masuk ke sekolah, nah daycare ini jadi pilihan yang cocok. Tapi sebelum bapak pilih daycare buat nitipin anak di sana, beberapa hal ini penting banget diperhatiin.

Program perkembangan social emosional anak

Adanya program ini di daycare penting banget pak. Soalnya di usia anak bapak yang masih dini ini belum sepenuhnya bisa mengelola dan mengekpresikan emosi baik yang positif atau yang negatif. Begitu juga dengan cara mereka bersosialisasi di lingkungannya, interaksi sama orang di sekitarnya, atau saat anak menjelajahi lingkungan mereka. Bukan cuma itu, daycare yang nanti bapak pilih harus bisa ajarin anak bapak untuk bisa beradaptasi buat paham sama situasi dan emosi pas lagi interaksi sama orang di sekitarnya, mendengarkan, dan niru apa yang diliat.

Keselamatan dan keamanan

Kalo ini hukumnya wajib ya pak, harus bapak cek dengan detail. Apalagi jaman sekarang banyak bener kejadian-kejadian yang gak ngenakin kejadian di tempat-tempat daycare kayak gini. Bapak bisa mulai periksa lingkungan daycare mulai dari ruangan per ruangan yang nantinya bakal di tempatin anak bapak, taman bermainnya, sampai lalu lalang kendaraan di sekitar daycare. Lebih bagus lagi kalo daycare yang nanti bapak pilih punya sistem keamanan yang dilengkapi sama CCTV sampai security yang ketat biar lebih aman.

Program akademik

Gak lupa juga buat perhatiin program pertumbuhan akademiknya pak. Kemampuan anak bapak di usianya saat ini harus bisa berkomunikasi secara lisan maupun tulisan jadi pastiin daycare tersebut juga punya program buat ningkatin kemampuan anak. Aspek akademik lainnya seperti memahami jumlah dan ukuran, ketertarikan dengan huruf dan angka, mampu menulis dan menyalin, menghitung, dan lain sebagainya harus ada di program daycare ya pak karena memang hal itu yang dibutuhkan anak.

Emang keliatan agak repot ya pak, tapi kalo buat anak usahain cari yang terbaik apalagi anak bapak bakal dititipin ke daycare pilihan bapak nanti.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait