5 Benefit Kantor Yang Tidak Kelihatan Tapi Perlu Dipertimbangkan Saat Mau Pindah Kerja

07 Sep 2022

Dapet undangan interview dari perusahaan emang nyenengin bener ya, Dik. Langsung deh adik cek jadwal dan udah mulai ngebayangin bakalan ditanya apa saja sama mau minta gaji berapa.

Nah. sebelum adik interview dan nanya soal gaji, ada baiknya adik menanyakan dan mempertimbangkan hal berikut yang sebenernya benefit tapi ga keliatan di slip gaji!

 

1. Fleksibilitas WFH WFO. Zaman sekarang, fleksibilitas dalam WFH atau WFO tuh menjadi salah satu benefit yang paling dipertimbangkan saat memilih tempat kerja baru.

Setiap orang punya pandangan masing-masing mengenai WFH WFO. Ada orang yang lebih nyaman WFO, tapi ada juga yang merasa kalau WFH lebih menguntungkan.

Dengan adanya fleksibilitas ini, adik bisa lebih mudah memilih dan menyesuaikan dengan preferensi adik.

 

2. Komposisi Tim. Dapet tim yang enak tuh sebuah benefit yang suka dilewatkan lho. Ini yang kadang suka ditanya oleh pelamar kerja ke HRD atau user. Tim-nya terdiri dari berapa orang? Single kontributor atau bukan? Struktur timnya seperti apa dan seperti apa struktur reportingnya.

Untuk para first jobber, komposisi tom bisa membantu menakar kira kira load adik2 akan seperti apa. Misalnya dengan menghubungkan jobdesk yang sudah pasti adik tanyakan dan komposisi tim.

Kalau adik sudah punya pengalaman yang cukup, pasti taulah komposisi atau struktur tim apa yang baik. Adik juga pasti sudah punya bayangan struktur seperti apa yang sekiranya gampang banget buat jadi potensi konflik.

 

3. Waktu luang. Siapa yang gak mau gaji naik dengan waktu luang yang lebih banyak? Waktu luang juga merupakan benefit yang kadang suka dilewatkan dan tidak coba dicari tau.

Gimana cara cari tahunya? Setelah tau jobdesk dan komposisi tim, adik akan lebih bisa mengira-ngira load-nya akan seperti apa. Apakah load kerja-nya akan heavy terus setiap bulan, atau ada naik turun, atau sejauh apa adik diperlukan standby pada saat weekend.

Karena ada lini lini pekerjaan yang justru sibuknya pas weekend. Contohnya EO atau markom yang suka bikin activation. Nah, kalau adik tipe yang gak nyaman kerja ketika weekend atau gak suka waktu luangnya diganggu, akan lebih oke kalau hal ini adik tanyakan di awal.

 

4. Lingkungan. Lingkungan yang enak dan pas juga salah satu benefit yang kadang ga keliatan. Lingkungan disini bisa dalam artian lingkungan kantornya secara fisik, maupun lingkungan pergaulan karyawannya.

Misalnya, di sekitar kantornya banyak tempat makan yang enak dan murah, atau pergaulannya lintas generasi.

Cari tahunya gimana? Bisa cek lokasi kantor di map, street view, dan juga sekarang kan banyak ya yang suka share cerita atau curhat mengenai lingkungan kerja, nah bisa coba cek cek dari situ.

 

5. Prospek kantor di masa depan. Kantor yang stabil, mapan, aman dari PHK itu suatu benefit lho.

Untuk adik-adik, mungkin semangatnya masih cari pengalaman. Tapi, ketika adik semakin dewasa, adik akan mulai mempertimbangkan untuk settle di satu tempat aja. Kemudian kerja dengan tenang sampai masa pensiun.

Salah satu cara tahu prospek ini bisa melalui laporan keuangannya. Beberapa perusahaan, khususnya yang sudah TBK punya laporan keuangan yang bisa diakses umum. Nah, adik bisa cek dari sana.

Dari laporan keuangan tersebut, adik bisa cari tahu sebesar apa skala perusahaan tersebut, bidang usahanya, hingga resikonya di masa depan. Apakah perusahaan rawan goyang, sudah settle, dan hal-hal lain mengenai keberlangsungan perusahaan di masa depan.

quote

Gak ada salahnya mempertimbangkan benefit dari sebuah perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu, ya!

Ditulis oleh:
Runa Aviena
07 Sep 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait