5 Ciri-Ciri Toko Material yang Bagus Berdasarkan Pengamatan Selama 30 Tahunan

Bacaan 2 menit

Suka trust issue kagak pak kalo mau ke toko material? Takut kalo harganya sengaja dinaikin, pelayanannya gak ngenakin, sampe hal-hal lain yang ada aja masalahnya. Tapi tenang aja saya udah tau ciri-ciri toko material yang bagus kayak gimana.

Kali aja bapak butuh: Pengalaman Membangun Rumah di Daerah Pegunungan

Perhatiin sponsor brand di depan toko

ciri-toko-material-brand

(Foto: x.com)

Biasanya toko material yang bagus, di depan toko materialnya banyak sekali sponsor brand-brand terkenal. Brand-brand tersebut pasti ada alasan kuat kenapa mau sponsorin toko material tersebut. Gak sembarangan ngasih-ngasih aja pasti.

Peliharaannya bersih

ciri-toko-material-bagus-kucing-peliharaan

Biasanya sih anjing yah, tapi kucing sama burung juga suka ada sih. Pernah sesekali liat ada yang miara reptil. Perhatiin aja, kalo peliharaannya terawat biasanya pemiliknya apik, pemiliknya apik sama dengan bisnisnya juga apik. Apalagi kalo peliharaannya mahal, itu bisa jadi indikator kalo bisnisnya jalan dengan baik, biasanya udah dijalanin oleh generasi ke-3, cucu pendiri toko materialnya.

Bacaan ringan nih pak: Pengalaman 10 tahun Pelihara Kucing Dengan Dana Pas-pasan

Udah pake sistem POS (Point of Sales)

ciri-toko-material-bagus-POS

Plus udah ada mesin EDC-nya. Udah ada sentuhan teknologinya nih canggih banget, stoknya jadi ketauan ketersediaannya. Terus kalo ke material, belanjanya pan suka banyak yak, repot banget kalo mesti bawa cash.

Pegawai-pegawainya terlihat sejahtera

ciri-toko-material-bagus-service-good

Kaosnya gak tepo, dan layar enponnya gak retak. Ada kombinasi antara yang tua dan muda. Yang tua udah kerja di sana bertahun-tahun dan yang muda ngarti produk-produk atau istilah yang pake bahasa Inggris. Dia tau bapak taunya dari nonton YouTube.

Banyak Mandor yang bercengkerama di sana

ciri-toko-material-bagus-mandor

Ini bukan sembarang Mandor, tapi ini Mandor-Mandor pilihan yang sudah menjadi official partner toko material itu. taunya dari mana? Dari cara mereka ngobrol, dikasih minum apa nggak, terus si pemiliknya bener-bener nanggepin obrolan si Mandor. Toko material model gini, biasanya suka ngasih harga bagus.

Nanti pas liat toko material inget-inget ciri-ciri tadi, pak. Biasanya sih bener ya soalnya ini pengalaman saya sendiri. Ehehehehek.

Baca mumpung lewat: Rekomendasi cat tembok versi bapak2ID

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
89

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait