Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah

01 Sep 2022

Bukan cuma taneman hias aja, taneman obat juga bisa jadi banyak manfaat kalo bapak tanem di rumah. Apalagi sekarang udah jadi tren tuh pak kalo di rumah itu ada taneman obat buat pencegahan awal, semenjak masa pandemi. Sampe sekarang, banyak yang percaya, termasuk saya, kalo rempah-rempah atau taneman tradisonal punya banyak manfaat buat kesehatan kita.

Nih, saya punya rekomendasi taneman obat yang mudah ditanam di rumah!

Jahe. Udah bukan rahasia umum lagi nih pak kalo taneman ini jadi salah satu taneman tradisional yang udah dipercaya punya khasiat buat ngurangin mual, ngeredain nyeri, sampe ngobatin rematik. Gak perlu khawatir, nanem jahe juga kagak susah kok pak.

Bapak bisa nyiapin jahe yang tumbuh tunasnya, yang bisa dibeli di pasar atau online yang umurnya udah 10 bulanan. Abis itu, pilih media tanam yang sesuai kaya di pot, langsung di tanah atau secara hidroponik. Setelah itu, jangan lupa buat dikasih pupuk kandang sama obat anti jamur ya pak. Sedikit info nih pak kalo mau nanem jahe baiknya abis musim ujan aja. 

Kunyit. Selain jahe, kunyit juga punya banyak kegunaannya. Bisa menghalau pertumbuhan sel kanker, ngeredain nyeri, dan bisa ngatasin diabetes pak. Kalo mau nanem sendiri di rumah juga bisa. 

Siapin pot kurang lebih yang gede,12-18 inci deh. Abis itu, pecah rimpang kunyit jadi beberapa potong kecil yang masing-masing punya 2 atau 3 tunas. Masukin ke pot yang udah diisi tanah organik yang udah dikeringin. Tempatin sekitar 2 inci (5cm) ke bawah permukaan tanah di pot yang kuncup tunas harus posisi ke atas. Abis itu tinggal siram aja deh pak.

Lengkuas. Siapa bilang kalo taneman ini cuma sekadar bumbu dapur? Jangan salah pak, lengkuas bisa jadi obat tradisional penurun demam, batuk, sakit tenggorokan, sampe diabetes. 

Bapak tinggal cari bibit lengkuas di pasar atau bisa beli online. Tanem lengkuas dengan cara yang sama kaya kunyit ya, bisa ditanem di pot atau polybag. Posisiin mata tunas ke atas, tutup pake tanah yang udah dikasih jarak biar tumbuh maksimal. Kasih pupuk di bulan ke 2, 4, sama 8 biar hasilnya maksimal. Disiramnya secukupnya aja ya pak.

Lidah buaya. Selain bermanfaat buat kesehatan, tanaman yang mirip hewan predator ini juga punya manfaat buat kecantikan pak. Trus, bisa juga buat nyembuhin luka sama atau kulit kebakar karna matahari.

Caranya gampang kok pak, siapin lidah buaya ukuran kecil atau masih muda ke tetangga yang udah nanem. Tinggal pilih aja mau nanem langsung di tanah atau nanem di pot. Gali media tanem yang udah dipilih, tapi jangan terlalu dalem. Abis itu, sebar bibit lidah buaya terus kubur lagi. Jangan lupa disiram, pak. Lidah buaya jangan sampe terpapar langsung sinar matahari biar gak gampang membusuk.

Daun sirih. Gak cuma bikin rumah jadi indah, ternyata tanaman ini juga punya manfaat kalo bapak lagi ngalamin memar, luka, ruam, dan bisa menghentikan idung yang lagi mimisan. Biasanya daun sirih ini jadi campuran sama kunyit gitu pak.

Kalo bapak mau nanem sendiri di rumah, bapak tinggal nyiapin campuran tanah, pupuk, sama pasir yang udah dimasukin ke polybag atau pot. Abis itu masukin daun sirih yang batangnya udah berukuran kurang lebih 18cm yang udah kepotong segede 2 ruas jari dan udah direndem selama 15 menit. Jangan lupa disiram 2 hari sekali ya pak.

Seru banget deh rasanya kalo di rumah punya tanaman yang bisa dijadiin obat sementara sebelum tindakan lebih lanjut, apalagi kalo emang Bapak orangnya seneng banget sama campuran obat herbal. Jadi makin gampang!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
01 Sep 2022
Dilihat :
23

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait