Alasan Kenapa Bapak Perlu Siapin Dana Pensiun Mulai Dari Sekarang

Bacaan 2 menit

Bapak udah kebayang belom nanti kalo pensiun, hidup bapak bakal kayak gimana? Ternyata mempersiapkan dana pensiun itu penting banget, pak. Dengan perencanaan yang tepat bapak bisa menjamin kehidupan setelah pensiun nanti. Selagi bapak masih di umur prima dan masih sehat bugar, bapak bisa menyiapkan dana pensiun daris sekarang. Ini beberapa alasan kenapa bapak perlu menyiapkan dana pensiun sejak dini,

Selama Bapak masih hidup artinya bapak masih butuh makan

Mau dikata umur setahun atau umur 60 tahun, sama-sama butuh makan nasi, ini yang kadang keliwat, kalo pun mandi juga tetep butuh sabun. Nah, inilah pentingnya bapak punya dana pensiun, biar pas tua nanti kebutuhan makan ama hari-hari tercukupi walopun udah gak punya gaji bulanan lagi.

Inflasi

Biaya hidup bapak yang tahun ini cukup, tapi pasti gak akan sama dalam 20 tahun ke depan. Mungkin bakal melonjak tinggi. Dengan adanya dana pensiun paling tidak bapak punya kapital yang bisa dipakai investasi yang paling tidak mengalahkan inflasi tahunan. Sekarang juga banyak banget pilihan investasi kok, pak. Bapak bisa pilih sesuai dengan jangka waktu investasi dan resiko.

Ngurangin resiko anak kita jadi korban sandwich generation

Dana pensiun yang disiapin itu buat mastiin kalo bapak tetap bisa hidup mandiri secara finansial pas udah tua. Saya sih berharapnya jangan sampe anak-anak jadi 'korban' sandwich generation alias kejepit antra pengen memenuhi kebutuhan sendiri sama kebutuhan orang tuanya. Bapak juga bisa ngobrolin rencana pensiun bapak ke anak-anak bapak, biar mereka juga tau dan bisa mengerti ekspektasi bapak.

Bakal makin enteng kalo Bapak kumpulin mulai dari sekarang

Bandingin nih ya pak, ngumpulin 100 juta dari umur 30 tahun sama umur 50 tahun udah pasti lebih enteng umur 30-an. Tiap bulan pokoknya nyisihin 5% dari gaji buat tabungan pensiun, biar ntar kalo udah tua tinggal ongkang-ongkang kaki. Mantap Pak Wahyono!

Karena saya juga pernah mikir gitu, kayaknya kalau sudah pensiun udah selesai aja gitu. Padahal mah banyak banget yang harus disiapin. Jadi itu beberapa alasan kenapa kita perlu menyiapkan dana pensiun.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
39

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait