Alasan Kenapa Pengeluaran Bulanan Kok Sering Boncos

Bacaan 2 menit

Sering nggak sih merasa gaji yang kita dapetin selalu nggak cukup buat kehidupan sehari-hari? Malah di awal bulan gajian rasanya udah kayak akhir bulan. Warga disini ada yang pernah ngerasain hal yang sama?

Jika warga merasakan hal yang sama, pasti ada suatu masalah dengan gaya hidup dan budgeting yang warga lakukan. Atau malah warga nggak buat budgeting sama sekali?

Nah, saatnya nih warga perlu cari tahu kenapa pengeluaran bulanan selalu boros, sampek akhirnya duit tabungan sering kepake buat nutupi itu. Kali ini saya bakal kasih tahu hal-hal yang sekiranya sepele tapi bikin pengeluaran bulanan selalu boncos. Simak penjelasannya sampai akhir ya!

 

1. Nggak Pernah Buat Budgeting Bulanan

Siapa disini yang belum punya catatan anggaran di setiap bulannya? Buat yang belum punya, ini penting untuk dilakukan supaya pengeluaran pada setiap bulannya tidak berlebih. Bisa dimulai dengan membagi setiap penghasilan menjadi beberapa pos. Kalau saya sih biasanya bagi jadi ada 5 pos, yaitu kebutuhan sehari-hari, tabungan/investasi, dana darurat, cicilan/tagihan, dan sedekah. Setiap posnya punya persenannya masing-masing menyesuaikan dengan target dan kebutuhan. Bisa juga pembagian persennya diambil dari hasil evaluasi budgeting bulan kemarin biar lebih realistis.

2. Pengeluaran Nggak Dicatet dan Dianalisa

Kebiasaan ini pasti para warga sering lakuin, kalau duit udah keluar nggak pernah dicatet. Ini bahaya banget karena bakalan nggak kerasa duit yang keluar udah banyak dan diending bingung duitnya dibuat apa aja.

Maka dari itu, wajib banget punya buku catetan atau pakek aplikasi penghitung pengeluaran biar bisa dianalisa sehari-hari keluar berapa duit. Ini juga bisa buat jadi bahan evaluasi kalau mau bikin anggaran di bulan depan.

3. Rekening Masih Punya Satu

Kalau warga masih punya satu rekening, dijamin pengeluaran bulanan pasti nggak akan kekontrol. Duit tabungan, dana darurat, dan sebagainya pasti kepakek terus buat kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu, penting buat waga untuk memisahkan uang-uang tersebut ke rekening yang berbeda dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Saran saya untuk rekening tabungan dan dana darurat jangan didaftarin m-banking/atm biar warga kesulitan buat utak-atik uang itu.

4. Pengeluaran Tak Terduga

Keadaan memang kita nggak ada yang tahu ya.. Barangkali ada musibah kayak ban bocor, perabotan ada yang rusak, keluarga ada yang sakit, atau hal-hal lain yang mengharuskan adanya pengeluaran. Jadi, penting banget buat warga siapin pos keuangan untuk pengeluaran tak terduga ini biar warga nggak kalang kabut kalau semisal ada kejadian yang tak terduga kayak gini.

5. Doyan Belanja, Jajan, dan Punya Banyak Cicilan

Nah ini kebiasaan yang sering bikin diawal atau ditengah bulan udah tekor. Sebenarnya boleh-boleh aja buat belanja dan jajan tapi harus disesuaikan dengan yang udah dibudgetin ya. Jangan jadi orang yang Fear of Missing Out (FOMO) banget sampek harus beli ini itu di waktu itu juga.

Kalau mau ambil cicilan juga harus pertimbangin sesuai dengan kemampuan atau nggak, masuk kebutuhan yang penting atau nggak, terus perhatiin lama cicilannya dan juga lihat bunganya berapa biar warga nggak asal langsung ambil cicilan.

 

Nah, sekarang udah nggak ada alesan lagi tuh yang namanya bokek di awal bulan. Jadi, warga bisa lebih aware lagi soal alokasi dan budgeting keuangan setiap bulannya. Semoga bacaan ini ada manfaatnya buat para warga sekalian ya!

Ditulis oleh:
Hudzaifah R
Bacaan 2 menit
Dilihat :
1220

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait