Apa si bagusnya cerita wayang?

Bacaan 2 menit

Halo warga, kalo warga sekalian lagi cari cerita yang seru, buat hiburan atau buat diceritain ke anak, bisa banget kalau mau cerita soal wayang. Waktu diajarin di sekolah, saya sih ngerasa kalau banyak hal yang ga diceritain. Cuman ngehapal rajanya negara ini dimana, kesaktiannya apa. Capek banget kan. Nah waktu uda gede, saya lihat-lihat lagi ceritanya, ternyata banyak banget yang bagus, dan akhirnya saya suka deh. Saya mau share disini, supaya siapa tahu warga jadi ada yang tertarik juga sama cerita legendaris ini.

Tokoh dan kepribadian yang beragam

Banyak banget tokohnya, awalnya bingung. Jadi akhirnya fokus 1 cerita dulu. Waktu itu fokusnya cerita Bima dan Dewa Ruci. Nah dari situ kenal Bima. Lalu saya lihat deh sifatnya. Wah keren, dia orangnya jujur, tegas, suka menolong, adil, kuat lagi. Cuman ya minusnya, orangnya kasar banget, bisa dibilang ga tau tata krama. 

Ada juga Pandita Durna, gurunya Bima. Dia orangnya jago bersiasat, senior/sepuh, bijak. Tapi kurangnya, congkak dan meng-anak emas-kan salah satu muridnya, yaitu Kurawa.  

Cerita yang seru

Perangnya ga cuman baik lawan jahat. Itu mah klise film superhero jadul. Tapi banyak latar belakangnya dan sisi lainnya. Contohnya Mahabarata, bahwa Kurawa itu ga sepenuhnya jahat. Ada sifat baik seperti setia ke sesama, saling bantu, pantang menyerah walau gagal terus. Nah kenapa para Kurawa ini ngebet banget buat musuhan sama Pandawa, karena rebutan tanah. Mereka ga mau tanah kerajaannya diambil oleh Pandawa. Pandawa sendiri, ngerasa berhak atas tanahnya, karena itu punya keluarga mereka. Sebenernya udah ada wacana buat damai, dibagi 2 gitu. Tapi Kurawa ga mau, jadinya berantem de. 

Nilai nilai yang diajarkan

Banyak diselipin pelajaran moral. Misalnya Bima, dia fokus banget sama yang namanya kesetaraan. Jadi dia bakal anggap semua orang itu sama kedudukannya, dan harus diperlakuin secara adil. Lalu Arjuna, dia tekun banget kalau mau meraih sesuatu. Dan bener-bener gigih dalam belajar.

Kalau keluarga Pandawa, mereka agak sombong karena mereka tahu kalau mereka itu ditakdirin menang. Jadinya ada beberapa momen dimana mereka keblinger sama kesombongannya sendiri. Tapi dari situ, mereka belajar terus. Gimana harus bersikap ke sesama. Walaupun digaungkan ajaran cinta kasih, mereka tetep tahu kewajibannya, menegakkan kebenaran. Karena walau keluarga, gimana-gimana Kurawa itu terlalu berlebihan dan banyak bikin rakyat sengsara. 

Ga ada yang 100% baik atau 100% jahat disini

Mirip kaya kita, ga ada kita yang selalu jahat atau selalu baik. Ga kaya sinetron jaman dulu yang selalu terzolimi lalu tiba-tiba dapat berkah, semua tokoh di dunia wayang itu ada sifat baik buruknya. Jadi kita bisa ngerasa kalau mereka itu bener manusia, ga sempurna. Misalkan Pandawa yang walau diceritakan jadi pahlawan, tpi ada juga sisi jeleknya yaitu kadang mereka sombong.

Sementara Kurawa yang diceritakan penjahatnya, tapi ada sisi baiknya, yaitu mereka setia dengan kelompoknya. Lalu mereka ga mandang status orang, selama orang itu setia sama mereka. Relevan dengan kehidupan sekarang.


Nah menarik kan warga, coba deh cek beberapa cerita wayang terkenal, terus coba lihat tokoh-tokohnya. Pasti banyak yang bisa ditemuin. Oh ya satu lagi, karena nonton wayang itu semaleman suntuk, dan ga banyak dari kita sekalian yang pastinya kuat begadang, mending coba baca beberapa novel wayang keluaran penulis Indonesia. Contohnya Pitoyo Amrih, Sindhunata, Ardian Kresna, dan masih banyak lagi.


Sekian dulu dari saya, semoga warga sekalian bisa nemuin apa yang warga suka dari cerita-cerita wayang. Sayonara.

Ditulis oleh:
Susilo
Bacaan 2 menit
Dilihat :
208

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait