Apa yang Harus Bapak Lakukan Saat Anak Jadi Korban Bullying di Sekolahnya?

Bacaan 2 menit

Makin maraknya kasus bullying di sekitar pasti bikin para orang tua khawatir sama anaknya, apalagi kalo anak sedang berada di sekolah. Amit-amit ya pak kalo anak jadi korban bullying kayak begini, tapi beberapa cara ini bisa bapak lakuin jika anak mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti ini.

Bantu anak untuk cari solusinya

Sebagai orang tua pasti gak mau kalo anak melakukan bullying atau pun jadi korban bullying. Tapi kalo keadaan tersebut datang, bapak harus bisa bantu anak buat cari solusinya. Hindari buat maksa anak untuk cerita apalagi kalo sampai mengancam, soalnya hal seperti ini pasti sulit dan berat buat diceritain sama mereka. Tanyakan juga bagaimana hubungan anak dengan teman-temannya, gimana kronologinya, dan lain sebagainya baru bapak bisa ambil keputusan untuk solusi selanjutnya.

Beri dukungan ke anak

Anak pasti bakal susah buat ditanya, jadi pastiin bapak buat gak bikin mereka merasa terpojok. Sebaliknya, bapak dan istri harus bisa kasih dukungan yang bikin mereka ngerasa aman. Bapak dan istri juga harus tenang buat ngadepinnya jangan emosional juga, selain itu kondisi rumah atau lingkungan sekitar anak harus aman juga dan bikin mereka nyaman. Setelah itu bapak baru bisa kasih dukungan penuh yang bisa bikin anak berpikir bahwa apa pun kondisinya, apa pun hal yang dia alami, orang tuanya akan selalu ada di samping dia. Beri anak pemahaman kalo orang tuanya tidak kecewa sama sekali dengan dia dan akan selalu membuat dia merasa aman setiap kali anak minta perlindungan.

Kumpulkan bukti untuk pihak berwenang

Bapak dan istri juga harus lebih protektif ke anak. Apalagi kalo pas pulang sekolah bapak liat ada luka lebam yang mencurigakan, langsung aja bawa ke rumah sakit buat di visum. Nah, visum ini bisa jadi bukti kalo ternyata memang anak bapak jadi korban bullying. Makanya, orang tua harus bawel ke anak, tanyain gimana mereka di sekolah, ngapain aja, temen-temennya gimana, dan lain sebagainya. Jangan males ya pak, karena ini salah satu bentuk perlingdungan yang bisa bapak kasih ke mereka.

Bangun kembali kepercayaan diri anak

Kalo anak udah kena kasus kayak gini, pasti kepercayaan diri mereka akan turun banget. Bisa-bisa anak jadi gak berani buat sosialisasi lagi di lingkungan sekitarnya atau parahnya bisa kena trauma. Emang harus dilewatin pak, makanya orang tua punya peran penting di sini. Buat bangun kepercayaan diri anak emang gak gampang, tapi bapak bisa mulai dengan menenangkan anak yang hati dan pikirannya masih kacau. Ajari juga anak buat melawan hinaan atau ejekan dari orang lain dengan cara yang dewasa, harapannya anak bisa menjaga dirinya sendiri dan terhindar dari kasus bullying seperti ini.

Kondisi orang tua juga harus bisa dijaga, jangan sampai bapak kebawa emosi atau bahkan meluap-luap kemarahannya. Jadi pastiin keadaan kita harus tenang lebih dulu sebelum menenangkan anak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
710

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait