Apa yang terjadi kalo bapak kagak tidur sama sekali?

Bacaan 2 menit

Tidur merupakan salah satu kebutuhan crucial untuk semua orang. Kadang kalo kekurangan tidur, kita mengalami beberapa masalah kesehatan pada diri kita, yang dimana hanya kita yang dapat merasakan. Tidur cukup juga dibutuhkan untuk kesehatan. Pada tahun 1965, ada seorang remaja yang bernama Randy Gardner yang tidak tidur selama 264 jam atau sekitar 11 hari. Dari eksperimen yang dilakukan si Randy ini, beberapa hal yang terjadi adalah,

  • Pada hari ke-1 : Matanya kehilangan fokus
  • Pada hari ke-2 : Dia kehilangan kemampuan buat ngerasain benda atau objek melalui sentuhan.
  • Pada hari ke-3 : Si Randy jadi moody-an dan tidak terkordinasi
  • Pada hari ke-11: Dia susah berkonsentrasi, terus ada masalah pada ingatan jangka pendeknya, jadi paranoid dan mulai berhalusinasi.

Meskipun si Randy ini akhirnya ga kenapa napa dan tidak mengalami masalah psikologi dan fisik, tapi bisa jadi efeknya berbeda kepada bapak. Kalo bapak kagak tidur sama sekali, hormon jadi gak stabil, bisa sakit, dan yang paling parahnya adalah meninggal.

Kenapa kita harus tidur?

Normalnya orang dewasa butuh tidur sekitar 7-8 jam pada malam hari, sedangkan remaja butuh 10 jam. Rasa kantuk timbul dari sinyal yang dikirimkan oleh badan bapak yang udah capek untuk disampaikan ke otak bapak. Ada juga sinyal yang dikirimin oleh lingkungan sekitar bapak yang gelap, dimana dia menandakan kalo udah malem. Pada malam hari ini juga timbul sleep-inducing chemicals (senyawa yang bikin kita ngantuk), seperti adenosine dan melatonine yang lama kelamaan ngebuat bapak mengalami kantuk ringan, ngebuat nafas kita lebih teratur dan detak jantung melambat. Jadinya bapak ngerasa rileks.


Beberapa alasan lainnya kenapa bapak harus tidur bisa bapak tonton di video ini,

Kalo dilihat-lihat bukan masalah sepele ini, pak. Kurangnya jam tidur bisa menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Semoga bapak bisa ngurangin begadang yak, kesehatan gabisa dibeli soalnya, pak. Semoga bermangfaat.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
64

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait