Pembaruan Aturan Sepakbola yang Berubah dalam Kurun Waktu 10 tahun

21 Nov 2022

Fans bola di dunia banyak banget jumlahnya. Soalnya sepakbola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Penonton piala dunia aja penontonnya paling banyak di dunia dibanding event olahraga lainnya. Tapi sebenernya aturan bola udah ada yang berubah sejak 10 tahun lalu, berikut di antaranya pak. 


VAR. Salah satu perubahan yang paling terkenal adalah VAR atau Video Assistant Referee. Pertama kali diaplikasikan di piala dunia 2018. Sekarang, VAR udah dipake di liga besar atau event besar sepak bola dunia. Ada 4 kejadian yang bisa direview ulang sama VAR, yaitu pelanggaran yang beresiko kartu merah, gol atau enggak gol karena proses yang kagak sah, penalti bisa dikasih atau enggak, sama pemberian kartu. Biasanya di ruangan VAR, ada satu wasit yang bertugas, ditemenin sama asisten wasit serta staf yang tugasnya mutar ulang video. Biarpun VAR udah cukup memberikan keadilan, faktanya masih banyak yang enggak suka soalnya jadi ngilangin drama gitu pak. 


Pergantian Pemain Jadi 5. Biasanya pergantian pemain buat tiap tim cuma 3. Sekarang udah jadi 5 mulai tahun 2020-2021. Hal itu enggak lepas dari keadaan pandemi yang menerpa dunia beberapa tahun belakangan ini. Karena enggak ada yang luput dari covid, apalagi pemain dengan olahraga fisik kayak sepakbola. Pergantian pemain jadi diubah ke 5 supaya pemain enggak terlalu kecapekan. Apalagi covid kan bikin kondisi badan jadi menurun, mau itu bentar atau lama. Nah, perubahan ini jadi kabar baik buat pemain cadangan soalnya kesempatan buat main kan lebih banyak kalo 5 orang.


Pergerakan Kiper Saat Penalti. Biasanya orang pada demen banget nonton penalti kalo nonton bola. Kalo dulu kiper masih bisa gerak bebas 2-3 langkah ke depan pas lagi penalti, tapi ternyata gerakan kayak gitu bikin penendang dirugikan. Gimana enggak, makin maju kiper pasti sudutnya makin ketutup. Biar probabilitasnya tetep sama, FIFA pun mutusin supaya kaki kiper harus di garis gawang sampe penalti ditendang.


Teknologi Goal-line. Ini salah satu perubahan dalem sepakbola yang paling didukung. Soalnya, wasit sering kesulitan buat ngeliat dengan mata telanjang kalo kejadiannya kecepetan. Salah satu contoh terkenal itu gol Lampard ke gawang Jerman di Piala Dunia 2010. Kejadiannya cepet banget karena kiper Jerman saat itu buru-buru buang bola. Makanya, wasit nganggep ini enggak gol. Teknologi ini sebenernya enggak berbeda jauh dengan penggunaan teknologi Hawk’s eye di tenis dan badminton. Wasit bakal tau kalo bola udah 100% ngelewatin garis gawang dengan notifikasi di jam yang dipake. 


Itu tadi adalah sedikit perubahan besar yang terjadi di sepakbola kurang lebih 10 tahun terakhir. Teknologi semakin maju seiring jaman, jadi sebaiknya emang kita kudu hidup berdampingan dengan manfaatin teknologi ya pak.

Ditulis oleh:
Tiffon
21 Nov 2022
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait