Bapak Juga Bisa Kena Baby Blues, Gimana Cara Ngadepinnya?

Bacaan 1 menit

Bapak pasti udah gak asing sama istilah baby blues. Kondisi dimana setelah melahirkan istri bapak ngalamin rasa sedih yang teramat sangat. Tapi ternyata baby blues ini bukan cuma dialami sama istri bapak aja, bapak juga bisa ngalamin.

Baby blues yang dialami istri bapak biasanya karena faktor hormon, beda sama baby blues yang bapak alami. Beberapa diantaranya karena faktor ekonomi, relationship sama pasangan, perubahan keseharian, sampai overthinking tentang masa depan. Faktor ini mempengaruhi setidaknya 10% bapak-bapak yang baru punya anak. Bahkan penelitiannya sendiri bilang jumlahnya bisa sampai 25% pak. 

Bapak pernah gak setelah anak lahir, justru lebih ngerasa kesepian? Ini juga jadi salah satu ciri kalo bapak kena baby blues. Karena istri bapak lebih banyak ngasih perhatian ke anak bapak, perhatian yang istri bapak kasih ke bapak jadi berkurang bahkan gak sempat. Bapak juga jadi ngerasa kebebasan bapak jadi hilang karena ada anak yang harus diurus di rumah, padahal sebenarnya bapak hanya belum terbiasa dengan kehadiran anak di tengah-tengah keluarga kecil bapak.

Makanya penting banget buat bapak dan istri saling terbuka satu sama lain tentang apa yang lagi dialami, saling mengerti satu sama lain, dan buat keputusan bareng-bareng biar gak stress dengan kehidupan baru yang bakal dijalani ke depannya. 

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 1 menit
Dilihat :
124

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait