Beberapa Istilah yang Sering Dipake Oleh Pebudidaya Lele

Bacaan 2 menit

Bapak pasti pernah ada pikiran buat budidaya lele di rumah. Apalagi pas liat Pak Dayat panen lele banyak bener padahal belum lama ternaknya, ngerawatnya juga kagak keliatan susah. Tapi pak, sebelum ternak lele, beberapa istilah ini perlu bapak tau soalnya sering dipake pebudidaya lele biar bapak gak hah heh hoh aja pas lagi diajarin sama Pak Dayat.

Bioflok

istilah-budidaya-lele-bioflok

Bioflok ini teknik budidaya pakai sistem rekayasa lingkungan dengan memanfaatkan mikroorganisme. Tugas dari si mikroorganisme ini mengubah sisa makanan, kotoran, dan unsur organik yang tersedia di air menjadi flok atau gumpalan. Nah, si gumpalan hasil dari mikroorganisme ini kemudian bisa menjadi sumber makanan kembali buat lele yang bapak pelihara, jadi ga ada yang kebuang. Selain itu, kualitas air juga meningkat soalnya kadar amonia juga turun, lelenya jadi sehat. Kalo ngeliat lele bapak sehat pasti bapak ikutan sehat dah.

Padat Tebar

istilah-budidaya-lele-padat-tebar

Ini merupakan teknik budidaya lele dimana dengan volume kolam yang terbatas, tapi kepadatan penebaran benih lele bisa banyak. Pada ikan lele, penebaran benih 500-1000 ikan/m3 digolongkan teknologi padat tebar. Bayangin pak, lelenya banyak banget ya, padahal tempatnya cuma kecil. Nah tapi, buat bisa melakukan padat tebar, sebaiknya didukung dengan teknik lain pak, seperti bioflok tadi, dan juga bantuan aerasi.

Aerasi

istilah-budidaya-lele-aerasi

Aerasi itu proses menambahkan udara pada air, tujuannya untuk mencukupi kebutuhan oksigen lele, tapi ga cuma lelenya aja ya pak, mikroorganisme pendukungnya juga perlu oksigen. Apalagi kan jumlah lelenya banyak, jadi pada lomba napas tuh di dalem kolam. Biar kagak engap, perlu ditambah aerasi, si lele pertumbuhannya jadi baik, mikroorganisme juga bekerja maksimal, panennya jadi banyak!

Probiotik

istilah-budidaya-lele-probiotic

Penting banget nih buat bapak yang mau budidaya lele secara intensif seperti padat tebar. Probiotik ini biasanya diberikan dengan dicampur pakan atau ditebar ke air. Bentuknya berupa mikroorganisme yang bermanfaat buat kehidupan lele, bisa dalam bentuk bakteri maupun jamur. Tujuan lele diberi proniotik utamanya ada 3 pak. Pertama merawat air, probiotik membantu untuk menstabilkan parameter kondisi air. Selanjutnya, mengurangi kotoran, biar gak berbau dan beracun buat si lele. Ketiga merubah kotoran menjadi protein, sehingga bisa menjadi sumber makanan.

FCR (Feed Conversion Rasio)

istilah-budidaya-lele-FCR

Rasio untuk mengukur jumlah pakan yang dibutuhkan dalam menghasilkan 1 kg daging lele. Terus FCR yang bagus tuh berapa pak? FCR untuk lele, apalagi yang sudah pakai sistem bioflok diharapkan bisa kurang dari 1, biar bapak dapet untung. Soalnya ngasih pakan sekilo hasil lelenya lebih dari sekilo. Jadi nanti kalo bapak ngumpul-ngumpul sama pebudidaya jangan kaget ditanyain FCR ya pak. Keren.

Kalo udah tau istilahnya, bapak jadi gak bingung tiap ada orang yang lagi kasih edukasi seputar budidaya lele. Siap panen lebih banyak dari Pak Dayat kalo begini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
69

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait