Kisaran Harga Franchise Makanan dari Brand Lama sampe yang Lagi Rame

Bacaan 3 menit

Punya uang dingin yang ngendep di rekening emang paling bijak buat diputerin lagi lewat investasi atau bisnis. Dari sekian banyaknya bisnis yang bisa dipilih, tentu bisnis franchise makanan jadi salah satu pilihan yang cukup bikin kepikiran. Tapi sebelum buka franchise, berikut ini beberapa kisaran harga dari brand makanan jadul sampe yang lagi rame sekarang.

Restoran Sederhana

harga-franchise-makanan-restoran-sederhana

Buat buka franchise makanan ini ngebutuhin biaya sekitar 1M. Harga segitu estimasi yang ada di pasaran aja ya, pak. Restoran ini sendiri dinaungin sama PT. Sederhana Abadanmitra sebagai franchisor. Katanya gak semua orang bisa jadi franchisee restoran legendaris ini. Sistemnya autopilot dan bagi hasil, besarnya ditentuin berdasarkan kontrak kerja bapak sama franchisor. Jadi, bapak sebagai franchisee sifatnya pasif aja.

Baca mumpung lewat: Daftar Restoran Budget 100ribu buat Berdua yang Wajib Dikunjungi Pas Ngemall

Warteg Kharisma Bahari

harga-franchise-makanan-warteg-kharisma-bahari

Warteg legendaris ini dirintis tahun 1996 dengan nama MM (Modal Mertua). Kalo bapak pengen jadi mitra, bapak gak perlu repot buat ngurusnya, karena pengelolanya bisa disediain dari mereka. Jadi bapak tinggal duduk manis, terima bersihnya aja. Harga kemitraannya sekitaran 130-160 juta rupiah, harga tersebut tentunya di luar biaya sewa kios ya, pak.

California Fried Chicken

harga-franchise-makanan-CFC

Restoran cepat saji ini udah berdiri sejak 1989 dan masih bertahan sampai sekarang. Biaya franchise yang bapak bayar sekitar Rp500 juta, udah termasuk peralatan, atribut promosi, seragam karyawan, dekorasi, sistem kasir, dan meja kursi. Selain full franchise, CFC juga nawarin joint venture dengan modal lebih murah.

Es Teler 77 

harga-franchise-makanan-es-teler-77

Biaya franchise-nya sekitar Rp100 juta, pak. Eits tapi jangan salah, itu cuma franchise fee-nya aja yak, belum termasuk modal awal kaya peralatan, bahan baku, dekorasi, renovasi, dan sewa outlet. Jadi kalo ditotalin bisa Rp 1-1,5 M dana yang perlu bapak siapin buat punya restoran yang udah ada sejak 1982 ini. Panas-panas gini enak nih es teler, jadi pengen.

Kali aja butuh: Ide Jualan Market Day TK-SD Selain Makanan

Tahu GO

harga-franchise-makanan-tahu-GO

Sesuai namanya, jualannya ya tahu goreng. Usaha ini ngandelin repeat order yang tinggi buat sustain. Format jualannya pake gerobak. Harga jual tahunya juga termasuk terjangkau. Biaya yang dibayar buat buka usaha ini sekitar Rp19,5 juta, harga tersebut udah termasuk gerobak, peralatan masak, atribut promosi, plus bahan baku kayak tahu, minyak, sama cabe rawit.

Sabana Fried Chicken

harga-franchise-makanan-sabana-fried-chicken

Udah mahsyur banget nih ayam apalagi di area Jabodetabek. Tapi buat di daerah, terutama kota-kota kecil, ayam ini peluangnya masih terbuka, pak. Apalagi paket kemitraannya tergolong murah, sekitaran Rp22 juta. Biaya tersebut udah termasuk gerobak, perlengkapan, bahan baku, dan biaya promosi. Sistemnya juga kagak pake royalty fee jadi lebih terjangkau lagi.

Rocket Chicken

harga-franchise-makanan-rocket-chicken

Restoran ini lagi naik daun terutama di daerah DIY dan Jawa Tengah. Menu gepreknya jadi favorit banyak orang. Buat buka franchise-nya dibutuhin biaya sekitar 250 juta, itu biaya rata-ratanya yak. Bisa lebih, tergantung luas outlet bapak. makin gede pastinya makin mahal juga. Biaya tersebut udah termasuk franchise fee 20 juta/5 tahun, peralatan masak, meja-kursi outlet, material promo, bahan baku awal, dan perizinan.

Golden Lamian

harga-franchise-makanan-golden-lamian

Restoran chinese food yang fokusnya jualan mie ini lagi banyak disukai orang. Terbilang unik juga pak, soalnya mie yang dibikin ditarik pakai tangan, bukan mesin. Restoran ini berada di bawah naungan SEVEN retail grup. Buat urusan sertifikasi gak usah khawatir, soalnya udah punya sertifikasi halal bahkan HACCP (hazard analysis critical control point) yaitu metode sistematis berbasis sains yang bisa ngeidentifikasi risiko bahaya buat mastiin keamanan dari produk pangan yang diproduksi. Biaya yang dibutuhin buat buka franchise makanan ini sekitaran 2-2,5 Milyar, pak.

Kalo udah tau kisaran harganya tinggal sesuain aja sama uang dingin yang bapak punya. Kira-kira lebih aman buka franchise makanan yang mana nih biar uangnya muter dan bisa dapet keuntungan lebih banyak juga.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait