Ide Usaha di Industri Kreatif yang Pendapatannya Besar

Bacaan 2 menit

Perkembangan teknologi yang tidak bisa dihindari bikin masyarakat terus berkembang dalam banyak hal seperti kreativitas, keterampilan, dan bakat-bakat yang ada dalam diri mereka. Ternyata hal ini memberi dampak positif juga buat pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menurut data dari Kemenparekraf sendiri industri kreatif mengalami pertumbuhan yang jauh lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi nasional. Di tahun 2020-2021 pertumbuhan industri kreatif sendiri mencapai 12,9% sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional hanya berkisar 3,2% di tahun yang sama. Hal ini juga dimanfaatkan orang-orang yang ingin membuka usaha di industri kreatif. Berikut beberapa ide usaha yang pendapatannya terbilang besar di industri kreatif.

Wedding Organizer

Salah satu usaha yang selalu punya demand tinggi sepanjang tahun apalagi di daerah perkotaan. Biasanya orang-orang di daerah perkotaan punya kesibukan yang padet dan susah buat mengurus acara-acara mereka sendiri, cara paling mudah dan efektif adalah dengan mengandalkan WO atau EO supaya tidak mengganggu kesibukan mereka yang lain.

Self-photo studio

Kalau di tahun-tahun sebelumnya ramai soal photo studio, sekarang ada self-photo studio yang konsepnya lebih fleksibel dan disukai banyak anak muda zaman sekarang. Pemilik usaha cuma tinggal menyediakan alat-alat foto dan studio yang ciamik dengan harga sewa per jam atau tawaran paket yang sudah ditentukan untuk konsumen. Tidak perlu lagi ada photographer karena self-photo studio ini konsepnya foto sendiri jadi mereka bebas memilih gaya seperti apa tanpa diarahkan.

Paket wisata

Paket wisata jadi paling diminati sekarang ini karena dampak pandemi yang bikin orang-orang tidak bisa kemana-mana. Usaha di bidang ini juga sangat cocok buat orang-orang yang suka jalan-jalan dan explore tempat-tempat bagus, selain bisa sambil liburan cuan yang dihasilkan juga tidak sedikit apalagi jika membawa orang dalam jumlah grup yang banyak.

Content creator YouTube anak-anak

Kalau suka bikin konten di YouTube saya saranin buat bikin konten untuk anak-anak. Soalnya audience-nya banyak banget tapi kreatornya masih dikit apalagi dari Indonesia. Ini jadi pasar empuk karena belum banyak yang terjun di usaha ini. Bisa jadi ladang buat kasih edukasi juga buat anak-anak lewat konten yang dibuat.

Florist and bouquet

Siapa sangka usaha kayak gini justru pendapatannya banyak banget. Modalnya juga gak ribet tinggal mau belajar dikit soal rangkai-merangkai bunga. Apalagi kalau udah musim kelulusan, ulang tahun, atau perayaan udah pasti usaha ini paling dicari-cari orang.

Biarpun pendapatannya gede bukan berarti hasil yang didapet instan, tentu ada prosesnya. Tapi kalau usaha-usaha tadi ditekuni dan serius dijalani pasti gak akan mengecewakan hasilnya.

 

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
50

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait