Cara Manfaatin Barang-Barang buat Bikin kebun di Rumah Makin Cakep

03 Jun 2022

Pandemi ternyata bikin saya jadi punya kegiatan baru yang kagak pernah kepikiran, salah satunya mulai berkebun di rumah. Dari situ saya juga mulai nemu beberapa barang yang ada dan bisa saya manfaatin buat di kebun saya. 

Yaaa.. daripada jadi sampah gitu aja kan ya pak.

Bikin gantungan barang dari bekas kaleng susu. Mulai dari nyiapin kaleng susu bekas anak yang udah nggak kepake. Siapin gunting, kawat, cutter atau piso juga ya pak. Buka penutup kaleng yang atas pake kater sampe lepas. Abis itu, rapihin sisa-sisanya pake gunting biar yang tajem-tajem ilang. 

Kalo mau digantung, bapak bisa tambahin dua kawat yang dibikin kek segitiga. Udah deh, tinggal masukin aja dah tuh peralatan-peralatan berkebun bapak yang kecil. Atau bisa eksperimen buat naro taneman kecil disitu. Selamat mencoba pak~

Nandain taneman pake stik es krim. Pak, mulai sekarang nih, kalo anak bapak jajan es krim, mending bapak pantengin dah tuh depan mukanya. Bukan buat minta es krimnya, tapi stik es krim bekasnya. Soalnya, itu stik es krim bisa dimanfaatin buat alat berkebun, kek nandain taneman-taneman biar kagak ketuker dan bisa ngegampangin bapak buat tau perkembangannya kek gimana. 

Cuma butuh sediain stik es krim sama spidol aja, trus namain sesuai sama taneman dan waktu pas taneman itu mulai ada di rumah. Jadinya, bapak bisa tau udah berapa lama ngerawat tuh taneman. Pan enak ya kalo setiap tamenan punya tanda sendiri gitu pak.

Bikin pot kaktus dari cangkang telur biar unik. Bapak bosen sama tempat kaktus yang gitu-gitu aja? Bisa tuh coba manfaatin cangkang telur setiap istri bapak abis masak. Caranya gampang dan bisa bapak lakuin bareng anak di rumah. Mulai dari bersihin cangkang telur yang udah gada isinya. Abis itu jejerin cangkang telur yang udah bersih tadi buat dimasukin tanah gembur sesuai gede cangkang telurnya. Masukin dah kaktus yang pengen bapak pindahin. Prosesnya harus hati-hati ya pak, takut-takut cangkang telurnya pecah pan berabe. 

Kalo udah, bapak bisa tambahin logo klub yang bapak senengin dari kecil. Bisa juga gambar kartun yang sampe sekarang masih bapak tonton sama anak di rumah. Biar gambarnya beragam ajak anak bapak juga, sekalian ngasuh pak ahahahak.

Manfaatin paralon bekas buat pot. Kalo bapak butuh pot yang agak gedean dari bahan-bahan yang ada di rumah, coba aja manfaatin sisa-sisa paralon yang ada. Caranya gampang, cuma perlu nyiapin gergaji kecil, piso ato cutter, trus lem buat bikin batesan antar pot. Kalo udah selesai, tinggal masukin tanah ama tanemannya aja. Pot dari paralon ini juga bisa bikin aliran air buat taneman jadi lebih lancar, jadi bapak kagak perlu repot dah tuh nyiram taneman atu-atu.

Kawat bekas buat gantungan pot. Ngegantung pot taneman bisa bikin kebun di rumah jadi keliatan lebih luas. Selain jauh lebih aman dari kucing, ayam, ato hewan-hewan lainnya, pot yang digantung juga bikin tampilan kebun jadi lebih rapi, pak. 

Bapak bisa tuh manfaatin kawat bekas, trus bikin gantungan pot. Abis itu, sekalian susun kawat ke pot yang mau digantung. Tinggal lubangin aja potnya terus digantung di paku yang udah ada.

Pan kalo begini barang-barang bekas di rumah bisa dimanfaatin buat bikin kebun bapak jadi keliatan lebih caem lagi. Orang-orang rumah juga jadi betah kalo kebunnya rapi dan kerawat. Bisa kayak MacGyver versi berkebun dah, gile bener dah pak ahehehe.

Ditulis oleh:
Nasuha
03 Jun 2022
Dilihat :
31

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait