Cara Membangun Rasa Empati pada Anak Berdasarkan Usianya

Bacaan 5 menit

Warga, udah liat belom ada sekelompok remaja yang lagi makan di salah satu gerai makanan yang jadi sasaran boikot masyarakat Indonesia? Mirisnya, di video itu tuh remaja-remaja yang lagi makan makanan tersebut, berguyon perihal sodara-sodara kita yang punya nasib kurang beruntung. Ini juga yang bikin mancing emosi netizen, soalnya keliatan banget kagak ada rasa empatinya sama sekali. Jadi mikir pan, gimana lingkungan sekolah, pertemanan, dan orang tuanya ya sampe anak-anak remaja tersebut bisa tega bener ngelakuin guyonan tanpa empati kayak begitu. Sebagai orang tua, ada beberapa cara yang bisa diajarin ke anak sesuai usianya biar mereka punya rasa empati ke orang lain sedari piyik.

Membangun rasa empati di usia 3-5 tahun

membangun-rasa-empati-anak

Jelasin ke anak bapak dan kasih tau emosi apa sih yang lagi dirasain

Anak pan masih belom tau ya macem-macem emosi dan ekspresi yang lagi dirasain mereka. Nah, tugas kita nih sebagai orang tua buat jelasin sekaligus labelin apa yang lagi mereka rasain. Misal, pas anak keliatan cemberut ngeliat temennya yang dapet hadiah dari guru, kita bisa kasih tau mereka gimana ekspresi yang lagi mereka tunjukkin, “Kamu kok keliatan marah”, atau bisa juga, “Kamu sedih ya?” Dengan kalimat-kalimat kayak gitu, anak jadi tau oh yang dia rasakan adalah perasaan sedih atau marah. Kalo bukan diraut muka, biasanya keliatan dari gerak tubuhnya, kayak ngepalin tangan, naro telapak tangan di dagu, dan sebagainya. Dalam hal ini orang tua kudu peka sama apa yang dilakuin anak, mau itu lewat raut muka atau gerak tubuh yang ditunjukkin tadi.

Bacain cerita

Di usia anak yang masih 3-5 tahun ini, tentu anak belom bisa sepenuhnya baca, tulis, atau memahami keadaan sekitar. Tapi buat ngebangun rasa empati mereka, ngebacain cerita pas mereka mau tidur atau di sela-sela waktu luang, bisa numbuhin rasa empati pada anak, kok bisa? Kuncinya, tetep ada komunikasi dua arah antara kita yang bacain cerita sama anak yang ngedengerin. Misal, kita bacain buku kisah Timun Mas terus kita ajuin pertanyaan ke anak seputar tokoh Timun Mas tersebut, kayak, “Kalo kamu ketemu timun yang isinya orang, reaksi kamu bakal kayak gimana?” atau “Kalo kamu jadi Timun Mas, apa yang bakal kamu lakuin kalo ketemu raksasa jahat?” Pokoknya tanyain pertanyaan-pertanyaan yang bisa bikin anak ngerasain apa yang dirasain tokoh tersebut biar rasa empati anak terus kebangun.

Udah tau ini belom: Jenis-Jenis Jenjang Buku dan Artinya biar Gak Asal Kasih Bacaan ke Anak

Sediain kotak “P3K”

Cara lainnya adalah dengan sediain kotak sederhana yang isinya bisa tisu, plester, permen, atau boneka kecil. Tujuannya biar anak lebih peka menawarkan bantuan ke orang lain secara simbolis pake perlengkapan tersebut. Misal, anak ngeliat ibunya nangis atau bersin-bersin, kemudian mereka nawarin tisu yang ada di kotak tersebut. Yang kayak begini bikin anak sadar kalo tindakan yang mereka lakuin bisa kasih dampak positif buat orang lain.

Ajak anak buat bersosialisasi

Sering banget pasti pan, anak rebutan mainan sama kakaknya atau temennya. Nah, kita sebagai orang tua bisa ngasah rasa empati mereka dengan ngasih POV orang lain yang ngerasa sedih kalo mainannya diambil. Misal, “Kalo kamu diambil mainannya sama orang lain, kira-kira bakal sedih gak?” setelah itu kita bisa kasih saran dengan minta anak nunggu giliran bermain atau anak bisa main yang lain lebih dulu. Biasanya kalo anak langssung dikasih tau gini justru bakal lebih gampang ngasah keterampilan sosialnya.

Membangun rasa empati di usia 5-7 tahun

ngebangun-empati-anak-dari-kecil

Coba peranin karakter yang jadi favorit anak

Empati pan artinya kita paham sama apa yang orang lain rasain ya, nah sebelum sampe situ, bapak atau ibu bisa ajarin anak macam-macam emosi yang ada. Salah satu caranya adalah dengan peranin karakter yang anak suka. Misal, bapak bisa peranin karakter Upin Ipin yang sedih pas liat di meja makannya gak ada ayam goreng. Terus, minta anak buat nebak ekspresi apa yang lagi dirasain Upin Ipin ini. Gak lupa juga buat diskusi dua arah sama anak soal kenapa Upin Ipin bisa sedih atau gimana caranya biar Upin Ipin gak sedih lagi.

Identifikasi emosi lewat gambar

Anak-anak biasanya bakal lebih gampang kalo dikasih tau secara visual. Ada cara lain yang bisa orang tua lakuin buat kasih tau anak macem-macem emosi yang ada, misal beli buku bergambar khusus yang isinya pengenalan emosi dan ekspresi, atau bisa juga dengan gunting-guntingin majalah atau gambar cetak dari internet yang isinya gambar muka sedih, marah, atau bahagia, terus minta anak buat ngeidentifikasinya. Sambil anak nebak emosi yang ada di tiap gambar, orang tua juga bisa nanya ke anak emosi apa yang lagi dia rasain saat ini dan kasih pemahaman kalo orang dewasa juga punya emosi-emosi tersebut.

Menghormati orang lain yang berbeda

Salah satu pilar utama dari rasa empati ini adalah menghormati orang lain yang latar belakangnya berbeda dengan kita. Mau itu berbeda ras, kemampuan, jenis kelamin, nasib, keadaan, dan lain sebagainya. Makanya orang tua perlu nampilin anak-anak yang punya latar belakang berbeda tersebut biar mereka bisa menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Jadi gak ada lagi tuh yang seenaknya hina keadaan orang lain yang punya kekurangan..

Minta amati orang lain

Kalo lagi ngajak anak main di playground, tempat wisata, atau tempat-tempat umum lainnya, coba buat minta mereka ngamatin orang lain dari kejauhan. Misal, minta anak kita buat perhatiin anak lain yang lagi duduk di ayunan dengan nundukin kepala dan diem aja dari tadi, terus suruh anak kita nebak apa yang lagi dirasain anak tersebut. Ngeidentifikasi kayak begini juga dibutuhin biar pas dewasa anak tau gimana keadaan orang lain dengan bahasa tubuh yang seperti itu.

Kasih tau anak batesannya

Penting bener nih buat anak tau, kalo empati bukan berarti nanggung masalah dan kebutuhan semua orang yang dia temui. Anak gak perlu selalu ngomong “iya” buat bantu orang lain. Makanya anak perlu diajarin buat paham dan ngehargain kebutuhannya sendiri. Orang tua juga perlu kasih tau anak gimana cara ngerespon apa yang orang minta atau lakuin ke mereka. Misal, tegas kasih tau orang soal apa yang gak disuka atau nama panggilan yang bisa orang lain pake buat panggil namanya.

Membangun rasa empati di usia 7-11 tahun

empati-anak-kerja-sama

Tunjukkin kasih sayang langsung pada anak

Gak ada yang lebih efektif buat ngajarin anak selain dengan ngajarinnya secara langsung pake contoh. Salah satunya dengan ngungkapin rasa cinta dan kasih sayang kita sebagai orang tua ke anak. Kalimat-kalimat kayak, “Semoga kamu selalu ngerasa bahagia, senang, tenang” dan sebagainya diharapkan bisa dijadiin referensi buat mereka pas nyikapin atau ngerespon orang lain pas lagi sedih atau butuh dukungan. Anak jadi nyontoh apa yang orang tuanya lakuin dan ngepraktekin ke orang lain lagi.

Libatkan anak di permainan yang butuh kerja sama

Kerja sama ini bakal ngedorong anak buat lebih banyak bekerja sama di masa depan. Anak jadi lebih sering berhubungan sama orang lain dalam konteks yang positif dan terbuka. Kerja sama ini juga yang bikin anak belajar buat mempertimbangkan perspektif orang lain. Beberapa contoh permainannya ada Lego, mencari harta karun, permainan detektif, dan lain-lainnya.

Membangun rasa empati di usia 12 tahun ke atas

empati-anak-emosi-ekspresi

Ajak diskusi soal peristiwa yang lagi terjadi

Di usia ini, anak udah bisa diajak diskusi soal peristiwa yang lagi ramai terjadi. Apalagi anak-anak jaman sekarang udah lebih gampang dapet informasi terkini dari sosial media yang berseliweran dimana-mana. Sebagai orang tua, kita bisa tanyain berbagai pertanyaan kayak, “Gimana perasaan orang-orang yang ada di sana ya?” atau “apa yang bisa kita lakuin ya buat mereka?” Sebagai bentuk respon empati dari kejadian tersebut.

Ajak anak buat ikut kegiatan sukarela

Bisa juga buat minta anak ngelakuin kegiatan sukarela yang dia sukai. Tujuannya biar anak punya kontribusi buat ngebantu komunitas atau masyarakat. Ini jadi kegiatan yang bisa ningkatin rasa empati mereka juga biar lebih menghargai lingkungan di luar sana yang beda.

Baca ini mumpung lewat: Hal-Hal yang Jarang Diajarkan Orang Tua ke Anak Laki-Lakinya

Rasa empati ini emang perlu diajarin ke anak kita dari kecil, kebayang kagak kalo anak-anak kita gak ada empatinya sama orang lain? Pasti kita sebagai orang tua ngeliatnya juga sedih bener, anak gak bisa ngehargain atau ngehormatin perasaan orang lain yang kurang beruntung apalagi kalo sampe dibikin bahan becandaan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 5 menit
Dilihat :
450

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait