Cara Mengurus Administrasi Anak Pindah Sekolah

Bacaan 2 menit

Saat memasuki tahun ajaran baru, mungkin anak bapak ada yang ingin untuk pindah sekolah baik itu dalam kota atau beda kota. Disini saya mau ngasih tau cara urus pindah sekolah buat anak bapak. Berikut flownya coba saya jabarkan berdasarkan pengalaman.

  1. Pilih dan putuskan sekolah baru untuk anak bapak. Dan pastikan anak bapak bisa diterima. Pertama hubungi bagian TU (Tata Usaha) sekolah yang bapak tuju untuk memastikan anak bapak bisa pindah ke sekolah itu, dan minta persyaratan untuk masuk sekolah tersebut. Saat sudah lulus semua persyaratan minta dikeluarkan surat penerimaan siswa atas nama anak bapak, bapak fotocopy berkas ini untuk kelengkapan administrasi, hal ini bisa by phone juga sih, TAPI PASTIKAN SUDAH DITERIMA, KARENA PENTING BANGET UNTUK KE STEP SELANJUTNYA.

  2. Ke Sekolah lama, bapak buat surat permohonan pindah sekolah. Di dalam suratnya harus sudah mencantumkan nama sekolah baru yang dituju. Setelah dapat surat permohonan, bapak fotokopi dan jangan lupa bapak minta juga ke bagian TU untuk diprintkan nomer NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

  3. Ke Dinas Pendidikan, kabupaten/kota setempat. Nanti di dinas ada bagian khusus SD, SMP atau SMA. Silahkan bapak ke loket yang sesuai, di sana nanti akan dibantu proses pencabutan berkasnya by sistem dan dilegalisir berkas2 administrasinya. Kalau pindah sekolahnya beda provinsi bapak harus bawa berkas dari dinas pendidikan kota ke dinas pendidikan provinsi untuk dilegalisir dan secara sistem dimasukan ke provinsi dan kota tujuan baru.

Persyaratan yang dibawa ke DisDik (Dinas Pendidikan):

  1. Fotocopy akta kelahiran
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Kartu Identitas Anak (jika ada)
  4. Fotocopy raport terakhir
  5. Lembar NISN (Nomor Induk Siswa Nasional),
  6. Surat permohonan perpindahan ke sekolah lama yang ditandatangani diatas materai
  7. Surat keterangan telah diterima disekolah baru

Semuanya di copy minimal rangkap 3 ya pak. 

Baca juga ini, pak! Ide Jualan Market Day TK SD selain makanan

Setelah semuanya sesuai, bapak tinggal datang ke sekolah baru yang dituju dan bertemu bagian TU (Tata Usaha) untuk laporan dan konfirmasi bahwa semua persyaratan pemindahan sudah selesai. Kalau memang sudah selesai akan otomatis bisa terbaca di sistem sekolah baru dan sat set sat set beres deh, semoga memudahkan.

quote

Kalau untuk yang pindah sekolah keluar kota kurang lebih sama, karena sudah sistem, tinggal memastikan sudah masuk sistem.

Ditulis oleh:
Munawir Bin Sabin
Bacaan 2 menit
Dilihat :
1793

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait