Cara Ngerawat Kepala Botak yang Udah Susah Tumbuh Rambut Lagi

Bacaan 2 menit

Pak, udah ditahap rambut di kepala mulai berkurang belom? Biasanya kalo udah mulai berkurang begitu lama-lama bisa bikin kepala jadi botak. Bapak pasti sedih dengernya, tapi bapak bisa ngusahain numbuhin rambut kepala bapak lagi dengan bantuan dokter. Kalo bapak tipikal yang legowo menerima semua keadaan yang terjadi dengan rambut bapak dan ngebiarin kepala bapak tanpa rambut, bapak bisa lakuin cara-cara ini buat ngerawat kepala botak bapak yang udah susah numbuh rambut lagi.

Pake Hair Oil sebelum keramas

cara-ngerawat-kepala-botak-hair-oil

Bapak pasti selama punya rambut yang lebat dan tebel kagak tau kalo kegunaan hair oil sebelum keramas cukup penting. Nah, hair oil ini bentukannya kayak minyak-minyakan, bapak bisa pake minyak zaitun, minyak kemiri, atau juga minyak kelapa. Fungsinya sendiri buat ngejaga kelembaban alami rambut dan kulit kepala, berguna banget apalagi buat kepala botak bapak yang kulitnya cenderung kering. Cara pakenya tinggal diolesin aja ke seluruh kulit kepala, abis itu pijet-pijet bentaran biar hair oil-nya ngeresep ampe ke dalem. Diemin selama 15-30 menit pak, atau bisa bapak bawa tidur semaleman biar paginya bisa dibilas pake sampo.

Tetep keramas pake sampo

cara-ngerawat-kepala-botak-sampo

Punya kepala botak bukan berarti lepas tanggung jawab buat ngerawatnya, pak. Justru keadaan kepala bapak yang botak lebih rawan kena masalah kulit. Makanya sampo masih diperluin buat ngerawat kepala bapak yang botak itu. Sebenernya ada dua sabun yang bisa bapak pake, pertama bapak bisa pake produk sampo favorit bapak kalo folikel rambut di kepala bapak masih ada. Kedua, bapak bisa pake sabun pembersih wajah kalo kepala bapak udah gak ditumbuhin folikel rambut lagi. Kalo buat kepala botak bapak yang pelontos, disaraninnya pake produk yang punya kandungan asam salisilat, soalnya kandungan tersebut yang bisa bantu ngurangin kadar minyak di kulit dan bantu ngelupasin sel kulit mati.

Baca mumpung lewat pak: Anjuran Keramas Sesuai Tipe Rambut yang Bapak Punya

Pake kondisioner

cara-ngerawat-kepala-botak-conditioner

Emang boleh pake kondisioner sampe kulit kepala? Jawabannya tergantung sama kondisi kulit kepala bapak saat ini. Kalo bapak punya kulit kepala yang kering, kondisioner justru bisa bantu kulit kepala bapak biar tetap lembap dan lembut. Kondisioner juga cocok-cocokan pak, bahan-bahan kayak petroleum, silikon, minyak jojoba, shea butter, atau bahan yang dari minyak lainnya bisa gak cocok di beberapa orang. Buat mereka yang gak cocok, biasanya bakal nyumbat pori-pori jadi bikin bakteri ketahan, dan bisa bikin jerawatan. Makanya pas sehabis dipake dan didiemin selama 3-5 menit, bapak kudu buru-buru bilas sampe bener-bener bersih.

Pake sunscreen juga

cara-ngerawat-kepala-botak-sunscreen

Kayak yang bapak tau kalo sunscreen ini fungsinya buat ngelindungin kulit dari paparan sinar UV yang bisa bahaya buat kulit kalo kena langsung. Berhubung kepala bapak botak, sunscreen ini perlu diaplikasiin ampe kepala, walopun jadinya boros banget ya pak. Pokoknya reapply terus pak apalagi kalo kepala bapak sering keringetan. Buat tambahannya bapak bisa pake topi tiap mau keluar rumah, biar kepala botak bapak gak terkontaminasi sama debu-debu yang seliweran di udara. Kalo pake penutup kepala juga pan kepala bapak gak kepanasan atau langsung kena ujan kalo tiba-tiba ujan.

Baca sebelum lupa: Mengenal beberapa jenis shampoo yang cocok dengan kebutuhan rambut bapak

Emang jadi nambah ribet ya pak pas kepala bapak botak, tapi percaya dah kalo ngerawat kepala botak itu sama halnya ngerawat muka biar gak malu-maluin banget pas diliat orang.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
260

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait