Jenis-jenis Vegetarian yang Bapak Mungkin Belon Tau

30 Sep 2022

Buat yang lagi cari atau pengen ngejalanin pogram diet, vegetarian pasti bakal jadi salah satu solusi yang disarankan. Emang apa sih vegetarian itu? 

Jadi, vegetarian berdasarkan apa yang saya pahamin itu adalah salah satu pola makan yang fokusnya buat konsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan. Biasanya, vegetarian ini bakal menghindari makanan kaya daging sapi, unggas, atau makanan laut. Enggak cuma sampe situ aja pak, ternyata vegetarian juga ada beberapa jenis nih. 

Lacto-vegetarian
Salah satu jenis vegetarian yang pantang banget buat makan makanan yang berbahan daging hewan sama telur. Tapi, seorang lacto-vegetarian masih konsumsi makanan dari olahan susu kaya keju, yogurt, mentega sama es krim. Pola ini biasanya lebih fleksibel dan bermanfaat.

Apalagi buat yang lagi ngontrol gula darah, ningkatin kesehatan jantung atau ngurangin resiko kanker tertentu. Diet yang bermanfaat ini juga tetep harus dijaga ya pak, biar enggak kekurangan nutrisi dan jadi malah bahaya.

Ovo-vegetarian
Pak, ini bukan salah satu jenis pembayaran elektronik yak. Ovo-vegetarian itu salah satu jenis diet yang dilakuin orang dengan enggak konsumsi masakan olahan daging, sama susu tapi tetep konsumsi telur. Nah, ini kebalikannya lacto-vegetarian ya pak.

Biasanya, orang-orang yang lagi ngejalanin ovo-vegetarian ini adalah orang yang lagi ngurangin resiko diabetes, nurunin berat badan, buat menuhin kebutuhan protein, atau ngurangin resiko penyakit lain kek katarak, batu ginjal, batu empedu sama kanker. Meskipun kek gitu, jangan lupa buat ngelakuin pola diet yang tepat ya pak. Kalo enggak nanti bisa kekurangan nutrisi juga lho.

Semi-vegetarian
Salah satu program diet yang dikenal flexitarian juga. Katanya, jadi salah satu program diet yang paling aman karna pola makan yang diterapin masih bisa makan masakan daging sesekali. Menu utamanya tetep makan masakan olahan kacang-kacangan kaya tahu sama tempe, olahan susu sama gandum.

Tujuan utama dari orang yang diet ini karna pengen nurunin kolesterol, ngejaga kesehatan pencernaan, dan ngontrol kadar glukosa. 

Lacto-ovo vegetarian
Di atas kan udah ada tuh pak jenis vegetarian lacto sama ovo, nah untuk lacto-ovo ini perpaduan dari lacto vegetarian sama ovo vegetarian. Bapak dibolehin buat makan masakan olahan susu, telur tapi tetep enggak boleh makan daging. 

Biar enggak berlebih, yang bisa bapak lakuin yaitu dengan ngerencanain biar terpenuhinya zat gizi penting kek protein, seng, zat besi, dan lemak omega-3.

Vegan
Pernah denger istilah vegan kan pak? Nah, vegan sebenernya di beberapa sumber tuh beda sama vegetarian. Vegan ini beneran enggak konsumsi semua produk yang asalnya dari hewan dan cuma boleh konsumsi sayuran. Kagak boleh makan daging merah, ayam, makanan laut, dan sejenisnya ya pak.

Diet vegan ini jadi salah satu jenis diet yang diklaim paling sehat dari jenis diet lainnya karna ngurangin resiko yang ada hubungannya sama lemak hewani berbahaya.

Dari kelima jenis pola makan di atas bisa diterapin sama siapa aja. Kalo bapak masih baru mau mulai diet, ada baiknya emang buat diskusiin sama Ahli Gizi supaya dapet pola diet yang sesuai sama kebutuhan ya pak. Selamat mencoba!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
30 Sep 2022
Dilihat :
39

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait