Daftar Konsumsi Listrik Alat Elektronik di Rumah Bapak dan Cara Menghemat Biayanya

07 Oct 2022

Jaman sekarang pastinya susah untuk hidup tanpa alat elektronik, apalagi listrik. Belum lagi dunia yang serba digital bikin jadi banyak banget pengeluaran buat listrik. Apalagi ternyata beberapa alat elektronik bikin boncos. Berikut beberapa daftar alat elektronik yang pastinya bapak-bapak punya di rumah

1. AC

Udah banyak banget rumah yang pake AC, apalagi di Jakarta. Yang ngekos aja milih pake AC. Tapi nggak kayak kipas, AC nggak baik dinyalain terus-terusan. Selain cepet rusak, yang ada boncos token tiap bulan pak. Belum lagi rata-rata AC yang 1 PK biasanya makan watt sekitar 700-800. Kalau bapak-bapak nyalain kurang lebih 10 jam dalam 1 hari, dalam sebulan AC bakal ngebebanin sekitar 350ribu-400ribu pak. Eman-eman ya pak make AC-nya.

2. Mesin Cuci

Ini juga makan listrik gede loh pak. Rata-rata mesin cuci 2 tabung memakan listrik 90-230 watt. Sedangkan proses pengeringan memakan 40-130 Watt.  Belum lagi air yang kepake buat cuci. Makanya kalau cucian enggak banyak, bisa pakai jasa laundry kiloan aja. Sayang juga kan.

3. Rice Cooker

Alat selanjutnya yang bikin boros listrik adalah rice cooker. Apalagi kalo baru mau masak, bisa-bisa bapak harus matiin beberapa alat elektronik listrik lainnya. Biasanya saat memasak, rice cooker membutuhkan waktu rata-rata 40 hingga 100 watt. Sedangkan saat menghangatkan 30 sampai 50 watt. Jadi saat memasak nasi, kamu bisa mematikan benda yang tidak terlalu penting.

4. TV

TV juga jadi salah satu alat elektronik yang bisa bikin tekor kalau nyala terus. Selain itu, kalau nyala terus juga nggak baik untuk kelangsungan TV itu. TV LED yang sekarang ini sering digunakan orang-orang memakan 50 watt. Jadi, kalo enggak penting ya mending enggak usah nonton. Apalagi udah banyak hal yang bisa bapak lakuin di smartphone.

5. Pompa air

Pompa yang narik air terus bisa jadi bikin bapak boros listrik. Apalagi kalau nggak punya torent dan narik air terus. Yang ada tagihan listrik membludak. Kalau yang jet pump biasanya bisa hampir sekitar 500 watt lebih kalo lagi narik air. Jadi kalau nggak penting jangan buang-buang air pak, udahlah boros enggak bagus juga buat bumi.

6. Microwave

Untung jarang dipake, tapi ada beberapa microwave yang cukup besar memakan listrik bisa sampai 800 watt lebih. Karena itu kalau enggak penting banget, panasin pakai kompor aja. Apalagi yang dipanasin juga cuma lauk kemarin.

7. Lampu

Enggak mungkin dong hidup di rumah tanpa lampu. Apalagi buat yang penakut lampu bisa terang banget. Kalo semaleman nyala terus juga lumayan di token. Jadi lebih baik pakai lampu yang wattnya kecil, yang 10 watt juga bisa.

8. Chargeran

Chargeran sebenarnya enggak memakan listrik banyak. Kalo dipakai juga cuma 2,5 watt. Tapi ternyata chargeran tetep ngambil listrik meskipun lagi enggak dicolok ke handphone. Jadi kalau enggak dipake dicabut aja ya pak..

Nah kalau bapak nggak mau boncos, ada beberapa hal yang bisa bapak lakukan. Berikut beberapa tipsnya:

1. Cabut Kalau Nggak Perlu

Kalau enggak dipake, dicabut aja. Meskipun terlihat sepele, tapi listrik bapak perlahan bertambah kalau alat elektronik yang dipake tetep dicolokin. Karena itu, lebih baik dicabut kalau enggak dipake. Apalagi kalo harus ninggalin rumah. Soalnya, beberapa hal yang enggak dipake tetep narik listrik, contohnya kaya charger atau pompa air. Nah itu bakal makan listrik pelan-pelan. Kalo tiap hari begitu lumayan loh pak pas akhir bulan.

2. Cari Alternatif

Kalau bapak udah mau hemat listrik, bapak bisa cari alternatif lain. Contohnya kalau pake mesin cuci cuma buat baju sedikit. Bakal lebih murah pakai jasa laundry kiloan daripada harus nyalain mesin cuci dan setrika. Bapak juga bisa pake lampu LED yang lebih hemat meskipun mungkin pembelian awalnya lebih mahal. TV juga makin banyak yang hemat energi pak. Meskipun kadang-kadang barangnya lebih mahal yang hemat watt, tapi ke depannya jadi lebih hemat loh pak daripada ngincer yang murah doang.

3. Diatur Penggunaannya

Bapak harus mengatur penggunaan biar enggak boros. Kalo masak nasi, bapak bisa masak buat seharian langsung. Nanti dicabut aja kalo udah mateng. Bapak juga bisa isi toren air sekalian penuh biar enggak bolak balik isi. Air juga dipake jangan boros boros. Penggunaan TV juga bisa menggunakan fitur sleep supaya bisa mati sendiri kalau enggak dipake. Boros banget pak kalau dimatiinnya pas inget doang. Sekarang aja lampu udah ada yang bisa otomatis lho pak bisa mati sendiri pas pagi.

Itu tadi beberapa hal mengenai alat elektronik di rumah serta tips biar nggak boros. Selain bayarnya mahal, penggunaan listrik yang berlebihan juga enggak baik bagi kelangsungan bumi ke depannya. Belum lagi kalau penggunaannya nggak diatur, bisa cepet rusak alat elektronik bapak. Maka dari itu, kita harus mulai lebih cerdik lagi dalam penggunaan listrik, pak!

Ditulis oleh:
Tiffon
07 Oct 2022
Dilihat :
67

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait