Fakta mitos tentang gula yang wajib bapak ketahui!

Bacaan 3 menit

Sering banget kagak sih pak kita ditakut takutin media tentang bahaya gula biar kita gak konsumsi gula? Emang gula ini identik banget sama kegemukan dan diabetes. Kegemukan berimbas ke penyakit jantung sama diabetes juga sih, ntar kalau udah komplikasi mah beuh makin serem penyakit penyakitnya pak

Tapi apa bapak pernah liat nih atlit misalnya pelari marathon mereka pas lagi lari gitu di tengah tengah perjalanan mereka minum air sambil konsumsi gula juga pak, tapi ya badan mereka kecil juga kagak gemuk, diabetes juga kaga gitu pak. Jadi sebetulnya gula tuh bahaya kagak ya pak? Biar bapak dan keluarga nggak parno amat dan lebih bijak konsumsi gula, kayaknya sedap nih kalau kita bahas fakta dan mitos seputar gula

Makan malam pakai ayam bakar, mari kita bongkar!!!

Makan nasi = makan gula

Nah, ini mitos nih pak. Emang betul nasi sama karbohidrat lainnya kalau dicerna di badan bakal diubah ke bentuk molekul yang lebih sederhana yang mirip sama gula, tapi bukan berarti makan nasi sama dengan makan gula. Sampe sampe beredar juga katanya kalau habis makan nasi mau ngopi, pesen kopinya jangan pake gula soalnya ada gula di nasi sebelumnya. Kagak begitu konsepnya ya pak, mana puas minum kopi pait ditambah nasi hambar. Bahkan kalau kita liat referensi nutrisi gitu salah satunya di sini dijelasin kalau kadar gula di 174gr nasi tuh cuma 0,1gr gulanya

Gula bikin gemuk

Nah ini juga mitos nih pak. Yang bikin orang kegemukan itu sebetulnya kelebihan porsi, bukan karena satu jenis makanan tertentu. Coba deh bapak dalam sehari cuma makan satu sendok makan gula terus dilakuin selama seminggu, dijamin berat badan bapak pasti turun. Nah beda ceritanya kalau setiap makan selalu ditemenin es teh manis, kopi sachet, milkshake, sama macem macem minuman manis lainnya deh. Disitu jadinya kan ada tambahan gula, tambahannya itu pak yang bikin gemuk. Asal bisa atur porsi, insyaa Allah semuanya aman sejahtera

Bahaya makan buah karena bergula

Beuh dari dulu belajar 4 sehat 5 sempurna perlu ada buah sekarang napa jadi buah bahaya hanya karena gula yak? Ini juga mitos. Cuma karena ada gula di buah bukan berarti jadi bahaya pak. Buah tuh kan ada kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan zat gizi lainnya. Memang ada gula juga sih, tapi dibandingkan sama nutrisi lainnya apa layak ya buah jadi dibilang bahaya karena ada gulanya? Kemenkes juga masih menyarankan kita makan buah 2-3 porsi dalam sehari biar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi

Gula sumber energi buat olahraga

Kalau bapak inget nih tadi di atas saya ada bahas pelari yang minum gula sambil marathon, soalnya itu penting pak buat energi terutama kalau mau olahraga berat sampe susah napas, jadinya ini fakta. Cocok nih pak semisal bapak mau olahraga pagi tapi perut kagak nyaman diisi makanan berat, boleh tuh diisi minuman manis sedikit aja biar olahraganya lebih nendang dan asyik. Tapi seperti biasa ya pak porsinya dibatasin jangan ampe bablas

Gula bantu mikir ketika kerja

Nah ini fakta pak. Uniknya otak kita tuh dia demen banget sama yang namanya gula, kagak demen dia sama yang namanya lemak. Makanya kalau siang siang  pas kerja ngantuk dan susah mikir, minum kopi yang manis bisa jadi penyelamat. Kopi bikin fokus lebih dan gula juga jadi sumber energi utama buat otak. Tapi jangan lupa pak, jangan berlebihan yak. Ntar habis baca artikel ini istirahat makan siang pesen kopi 5 gelas malah saya yang disalahin ntar...

Kesimpulannya

Gula tuh kan sebetulnya karbohidrat yang sederhana pak, karbohidrat juga zat gizi yang dibutuhin sama badan. Kalau dibutuhin pasti ada manfaatnya dan gak mutlak bahaya, yang penting porsinya diatur jangan sampe berlebihan. Moga habis ini bapak sekeluarga jadi lebih bijak mengatur pola makan

Ditulis oleh:
Muhammad Samudra Anugrah
Bacaan 3 menit
Dilihat :
335

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait