Hal-Hal yang Bikin Rambut Bapak Gampang Rontok

27 Oct 2022

Rambut rontok enggak cuma dialami sama bapak yang udah berumur lho. Bahkan, anak muda juga bisa ngalamin rambut yang tiba-tiba rontok gitu aja. Rontoknya rambut ini biasanya bikin kebotakan dan ngebentuk pola di kulit kepala kita.  Nah, rontoknya rambut seseorang juga bervariasi nih pak penyebabnya. Ada yang rontok di daerah depan dahi, di ubun-ubun, nyisain pola rambut di kedua sisi kepala, bahkan di bagian belakang. 

Meskipun gak bahaya secara kesehatan, rambut rontok yang bisa berakibat ke kebotakan ini justru bakal ngaruh ke tingkat kepercayaan diri. Biar bapak dapet cara pencegahan yang pas, yuk pak cari tau apa aja penyebab yang bikin rambut gampang rontok.

Faktor genetik
Penyebab utama dari rontoknya rambut seseorang adalah karena faktor genetik. Ini bukan kata saya ya pak, tapi dari berbagai sumber artikel kesehatan. Coba deh bapak telusurin dulu apa ada keluarga yang punya dan ngalamin penipisan rambut dari waktu ke waktu. Kalo ada, secara genetik emang diturunin dan punya potensi yang sama. Malahan, pola kebotakan sama lokasinya juga bisa diprediksi pak. 

95% laki-laki yang punya rambut tipis itu penyebabnya tuh gen yang diwarisin dari keluarganya. Hormon DHT ini jadi salah satu faktor yang ngebuat folikel rambut kecil. Makin kecil folikel, makin besar kemungkinan rambut makin tipis, halus, dan pendek yang bikin rambut jadi makin susah buat tumbuh dan bisa enggak tumbuh sama sekali pak. 

Stres
Faktor stres dan tekanan mental ini juga bisa jadi salah satu penyebab yang ngebuat rambut jadi gampang rontok. Punya masalah psikologis dan emosional yang tinggi juga bisa bikin rambut jadi rontok dan makin tipis. Stres yang lagi dirasain biasanya bakal bikin pola makan jadi berantakan pak. Dari pola makan yang berantakan ini, berat badan jadi turun, zat besi yang diterima juga jadi rendah dan bikin rambut jadi rontok banyak. Makanya pak, coba deh kurangin stres dengan ngelakuin hal yang bapak suka. Biar enggak cuma rambut yang tetep sehat, tapi badan dan pikiran juga pak. 

Kurang vitamin sama protein
Penyebab lain dari rambut yang makin rontok biasanya gara-gara kurang vitamin sama protein. Kekurangan Vitamin A bikin rambut bapak kehambat pertumbuhannya. Enggak cuma buat mata, Vitamin A ngebantu kelenjar kulit buat ngeproduksi sebum yang bikin kulit kepala lembap dan bikin rambut jadi sehat. Tapi, kelebihan Vitamin A juga bisa jadi faktor rambut rontok lho pak, yang seimbang aja. Selain itu, kekurangan Vitamin B yang punya biotin juga bisa nyegah rambut rontok berkurang. Vitamin B jenis lain juga bermanfaat buat ngebantu terbentuknya sel darah merah yang ngebawa oksigen ke kulit kepala buat ngebantu pertumbuhan rambut jadi lebih sempurna.  

Kekurangan Vitamin C bisa bikin rambut jadi kusam dan menua karena radikal bebas di kulit kepala jadi enggak ada yang nangkal dan bikin produksi kolagen di kulit kepala jadi gak maksimal buat nguatin struktur rambut.  Vitamin D yang kurang bikin rambut makin ngalamin kebotakan atau kerontokan karena sistem kekebalan tubuh nyerang folikel kita. Nah, yang terakhir, Vitamin E ini punya peran yang enggak kalah sama Vitamin C buat jadi antioksidan yang bisa nyegah stres yang ngebikin rontok rambut dan ngehambat pertumbuhan rambut. 

Selain vitamin-vitamin yang harus dipenuhi, kekurangan protein keratin juga bisa jadi salah satu penyebab rambut jadi makin tipis. Penting banget buat ngejaga makan makanan yang protein sama vitaminnya tinggi. Bisa disesuain sama kebutuhan badan bapak juga ya. 

Faktor U
Siapa pun dari kita bakalan bertambah usianya. Emang enggak bisa deh yang namanya nolak soal faktor U atau Umur ini. Kagak cuma para pria, wanita juga bakal ngalamin ngerasain sesuatu karena umur yang makin nambah, termasuk rambut yang makin tipis dan rontok. 

Ini ada penelitiannya pak yang bilang kalo umur 30 tahun itu pertumbuhan rambut bakal lebih lambat pas bapak masih 18 tahunan. Makanya, pas umur  udah masuk 30 tahunan, rambut makin tipis dan sering rontok. Segera konsul sama ahlinya ya pak biar enggak makin parah.

Infeksi kulit kepala
Infeksi yang terjadi di kulit kepala dan bikin rambut bapak jadi rontok itu biasanya gara-gara jamur yang muncul. Salah satunya tuh kurap yang bikin bercak di kulit dan ada bintik-bintik botak di kepala. Ada beberapa penyebab nih pak yang bikin kulit kepala jadi infeksi.

Bisa karena kulit yang panas dan lembab dalam waktu lama, sering pake topi yang ketat, atau gara-gara iritasi bekas cukur atau nyabut rambut di kulit kepala, bahkan sampe salah perawatan yang sering dilakuin.

Nah, di atas itu lima faktor yang bikin rambut gampang rontok berdasarkan apa yang alamin sendiri beberapa dan paling sering bikin rambut makin abis. 

Ditulis oleh:
Nasuha
27 Oct 2022
Dilihat :
59

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait