Hal-hal yang harus bapak lakuin, waktu ada gempa

13 May 2022

Ini karena Pak Nuang punya kekhawatiran sekali dengan Indonesia sebagai Negara dalam Ring of Fire, sering sekali dihimbau tapi jarang diinfokan tentang bagaimana sebelum, saat, dan yang paling penting sesudah gempa, kembali lagi konten ini berdasarkan yang saya rangkum dari internet.

 

Persiapan sebelum gempa

  • Pahami rute penyelamatan/evakuasi. Nggak cuma yang dirumah, tapi dari tempat kerja, sekolah anak dan tempat2 lain yg sering dikunjungi dan perlu siapin peta.
  • Catat semua nomer telepon penting. Simpan di tas/kotak emergency kit bahkan kedutaan besar negara kita pas kita lagi jalan keluar negeri.
  • Siapin standard earthquake kit. Meliputi: senter, radio portable, baterai, chargers, alat pembuka kaleng, first-aid kit, selimut, jas hujan dan salinan dari dokumen2 penting kita
  • Biasakan diri dengan safety mind-set. Misalnya, isi bensin ketika sudah sudah setengah habis; dan perhatikan dan hapalkan rambu2 evakuasi ketika sedang berada ditempat baru.
  • Quake-proof rumah. Amankan furniture (lemari, rak buku dsb) dan alat dapur yg besar seperti microwave, kulkas dsb yang mungkin saja jatuh pada saat terjadi gempa.
  • Download aplikasi gempa atau follow akun infobmkg. Sekarang ada beragam aplikasi yang mempermudah dan mengetahui sumber gempa. Ingat gaes informasi tersebar dimana2 jangan malas baca/nyari.

 

Pada saat gempa

  • Merunduk. pada saat posisi merunduk biasanya bapak lebih stabil pada saat terjadi getaran.
  • Lindungi Kepala dan leher adalah bagian tubuh yg harus dilindungi. Karena takutnya ada barang yang jatuh menimpa bapak. Kalau bapak diluar ruangan, waspadai pecahan kaca dan puing2 yang jatuh. Gunakan tas atau backpack untuk melindungi leher dan kepala.
  • Berpegangan pada sesuatu yang berat dan kokoh. Berlindung di bawah meja (jangan meja kaca). Ketika berada di angkutan publik Menjauh dari jendel kaca, cover, hold, tetap tenang dan patuhi aba2 dari supir atau kondektur. Kalau berada di mobil Cari tempat aman untuk berhenti dan menepi, tunggu didalam mobil jika memungkinkan. Kalau harus evakuasi, jangan lupa tinggalkan mobil ditempat yang aman dan tidak menghalangi jalan.

 

Setelah terjadi gempa

  • Kalau bapak berada di daerah pesisir, langsung pindah ketempat yang lebih tinggi. Gak perlu nunggu peringatan tsunami, sambil selalu mengecek informasi bencana secara berkala.
  • Kalau terjebak puing2, segera lindungi mulut bapak. Buat suara2 dengan tangan ke tembok atau pipa, atau segera sms atau whatsapp meminta bantuan sambil sesekali minta tolong untuk menghemat oksigen dan energi.
  • Berkomunikasi sekreatif mungkin. Kalau sinyal telepon hilang tapi masih ada koneksi internet, bisa segera menghubungin keluarga atau teman dengan menggunakan aplikasi seperti twitter atau instagram.
  • Ketika evakuasi dari gedung, jangan menggunakan lift/elevator meskipun getaran sudah mereda/hilang. Tetap gunakan tangga atau tangga darurat karena bisa saja terjadi gempa susulan. Matikan perangkat gas dan berhati2 pada saat akan menyalakan api sampai bisa dipastikan bahwa tidak ada kebocoran gas. Kalau memang berada dirumah, segera matikan saluran listrik secara keseluruhan, ceklekin aja lagsung MCBnya

Semoga bermanfaat ya warga, stay safe.

Ditulis oleh:
Munawir Bin Sabin
13 May 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait