Hal Yang Mesti Bapak Perhatikan Sebelum Menunaikan Sholat

Bacaan 2 menit

Sholat, adalah kewajiban bagi setiap orang beragama Islam. Karena SHolat itu wajib, maka bapak harus tahu hal-hal yang berkaitan dengan sholat. Pan kita udah tau kalo besok nih di akhirat kata pak ustadz, apa yang ditanyain malaikat pertama tuh sholat kita, bukan bukan timbangan bapak yang kelewat setengah kuintal itu pak. Kalo sholatnya baik semua amal kita jadi baik. Kalo sholat kita, amit-amitnya, jelek ya amal kita yang lain bisa jelek juga pak. Nah berikut ini kriteria yang harus dipenuhi sebelum kita sholat. Tanpa hal-hal ini sholat bapak tidak bisa dianggap sah menurut aturan agama. Bukan aturan pak RT atau satpam komplek bapak.

Sebelum sholat kita perlu menyiapkan diri dan beberapa hal yang sifatnya harus, kudu dan wajib.

Pertama, bapak mesti wudlu dulu

Wudlunya pakai air kran aja, gak usah pakai air mineral atau air sirup. Takutnya pas puasa, bapak wudlu terus kumur pake air sirup pas siang bolong.

Kedua, bapak mesti nutup aurat bapak

Nah, batas aurat ini kalo bapak-bapak dari puser perut bapak sendiri, sampai ke lutut bapak yang kerasa mulai sering linu. Kalo batas aurat buat istri bapak itu seluruh tubuh pak, kecuali wajah sama telapak tangan. Kalo istri bapak sholat suruh pake mukena aja, jangan pake daun pisang, nanti dikira lemper atau lontong pak.

Ketiga, bapak mesti pake baju yang suci

Tempat sholatnya juga mesti suci, gak boleh ada kotoran hewan apapun. kaga boleh ada najis apapun. Kalo ada kotoran item, kecil dan lonjong, periksa dulu, itu meses ceres apa kotoran cicak.

Keempat, bapak mesti madep kiblat

Kalo aturan Indonesia kiblat itu kebarat agak nyerong dikit ke Barat Daya, kalau pake kompas kira-kira di angka 290-295 derajat. Tapi pak, walaupun bumi bulat, kayak perut bapak, tetep ngadepnya yang terdekat pak, jangan lawan arah, itu bahaya pak. Soalnya Overboden.

Kelima, bapak mesti tahu waktu sholatnya

Paling gampang nunggu masjid atau mushola lingkungan bapak adzan. kalau nggak kedengeran langsung liat jadwal waktu sholat di gugel atau di aplikasi sholat aja.

Keenam, bapak mesti berdiri (kalau emang bisa)

Meskipun agak linu pas bangun dari sujud, selama itu nggak bahaya bagi kesehatan dengkul bapak, baiknya dilakuin pak. kalau terpaksanya nggak bisa sambil berdiri sambil duduk juga nggak papa. Kewajiban berdiri ini khusus untuk sholat wajib yang lima waktu pak. kalau sholat sunah itu sebenernya kita ngga wajib berdiri, meskipun sebenernya mampu berdiri. tapi pan eman punya kaki sehat ga digunain buat ibadah ya pak.

Nah itu persiapan-persiapan sebelum kita sholat yang sifatnya wajib. artinya tidak boleh ditinggal satupun kriteria tersebut. Lain kali kita bahas hal-hal yang mesti dilakuin pas kita sholat ya pak. Terima kasih sudah membaca dan semoga ada manfaatnya.

Bersumber dari kitab safinatunnaja karya Syeikh Salim Ibnu Sumair Alhadromi dengan terjemah ala saya sendiri.

Ditulis oleh:
Muna Fuadan
Bacaan 2 menit
Dilihat :
268

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait