Hari Pertama Kerja Pakai Baju Apa yang Cocok?

Bacaan 2 menit

Zaman sekarang udah jarang banget perusahaan yang ngeharusin karyawannya pake seragam atau dresscode tertentu, kecuali kantor pemerintahan. Buat adik yang baru pertama kali kerja mungkin bingung harus berpakaian seperti apa biar tetap sesuai dan nyaman dipake. Beberapa hal ini bisa adik pakai buat acuan.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Bapak Ganti Gaya Berpakaian

Sesuaikan dengan pekerjaan adik di kantor

Walopun kantor adik gak berlakuin dresscode apa yang harus dipake, adik tetep harus sesuain sama aktivitas adik di kantor nanti. Misal, adik nanti bakal lebih banyak gerak dari orang yang di meja kerja, nah adik bisa pake pakaian yang nyaman dan memudahkan adik buat bergerak atau memungkinkan menyerap keringat lebih banyak. Atau pekerjaan adik mengharuskan adik buat kesana kemari, berarti adik bisa pakai alas kaki seperti sneakers yang memudahkan adik buat berjalan kesana kemari.

Baca sebelum lupa: Rekomendasi Sandal yang Nyaman dan Tetap Keliatan Trendy buat Bapak

Tetep punya pakaian formal

Kantor adik mungkin ngebebasin adik buat berpakaian apa pun yang adik mau. Tapi adik tetep perlu punya pakaian formal yang bakal dipake buat ketemu client, interview karyawan, meeting sama bos besar dan kebutuhan lain yang memang ngeharusin pake pakaian formal. Adik bisa siapin kemeja dengan blazer atau jas, celana bahan, sama sepatu kulit yang kalo adik pakai keliatan rapi dari ujung kaki sampe ujung kepala.

Observasi karyawan yang adik temui di kantor

Saat interview, adik bukan cuma nyiapin pertanyaan dan jawaban-jawaban yang bakal dikasih HRD nanti, tapi adik juga perlu observasi gimana pakaian dari karyawan-karyawan kantor di perusahaan tersebut. Jadi kalo adik diterima di kantor itu, adik udah punya gambaran pakaian seperti apa yang bakal adik kenakan pas pertama kali masuk kantor nanti.

Gunakan baju setingkat lebih formal dari orang lain

Misal karyawan di kantor tersebut lebih banyak pake kaos sama jeans, adik bisa coba pake kaos tapi dengan bawahan celana bahan plus sabuk yang sesuai. Atau mau keliatan lebih rapi lagi, adik bisa pakai kemeja dipadukan dengan vest dan celana bahan yang oversize. Adik jadi lebih beda tapi tetap serupa dengan karyawan yang lain.

Gunakan pakaian yang nyaman

Walopun adik pengen keliatan beda dari yang lain atau pengen diliat lebih rapi sama atasan, adik harus perhatiin juga pakaian yang adik gunakan nyaman atau engga. Soalnya kunci dari berpakaian adalah yang penting adik nyaman. Jangan sampai adik udah rapi banget pake jas, kemeja, sama sepatu kulit, eh ternyata baju yang adik pakai kekecilan, bisa-bisa robek dah tuh pas ketemu client. Jadi pastiin baju yang dipakai nyaman juga ya.

Cara-cara tadi bisa adik terapin pas pertama kali masuk kerja nanti. Biasanya sih kalo salah kostum bakal dibahas-bahas terus sama temen-temen kantor lain sampe adik gak di sana. Hahaha.

Baca buat seru-seruan: Kepribadian yang Orang Lain Lihat Berdasarkan Warna Baju yang Bapak Pakai

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
264

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait