
Naik kelas motor itu bukan cuma soal tenaga dan tampilan, tapi juga soal waktu, tujuan, dan kemampuan. Bukan cuma kemampuan ngicir, tapi kemampuan bayar cicilan dan isi bensin juga. Karena fakta di lapangan menunjukkan, banyak bapak naik CC, tapi gak naik gaji. Di satu sisi, punya motor lebih besar bisa jadi bentuk apresiasi diri, tapi di sisi lain, kalau gak dihitung baik-baik, bisa jadi beban hidup yang dibungkus rasa gengsi.
Dari Sisi Finansial
Coba bapak tanyain sama diri bapak sendiri, apakah motor lama masih bisa jalan? Apakah upgrade ini urgent atau cuma FOMO? Apakah cicilan motor baru bisa masuk tanpa ganggu uang sekolah anak? Kalo jawabannya, “Bisa sih, asal ngurangin jatah jajan anak sama istri". Nah, itu tandanya bapak belum siap. Misal bapak mau naik dari motor 110cc ke motor 155cc kayak Aerox, ADV, atau NMax.
- Harga: ± Rp30 juta
- DP: Rp3–5 juta
- Cicilan: ± Rp1 juta/bulan
- Biaya bensin + servis juga naik 20–30%
Kalau penghasilan tetap dan belum ada penghasilan tambahan, naik kelas motor bisa jadi bikin dompet turun kelas.
Rekomendasi Motor yang Bisa Bapak Pilih Berdasarkan Ukuran CC yang Dibutuhkan
Dari Sisi Lingkungan dan Kebutuhan Sehari-hari
Bapak bisa analisa sendiri, apakah bapak tinggal di daerah yang macet atau rawan sempit-sempitan? Apakah rute harian cuma dari rumah ke Indomaret dan antar anak ke sekolah? Apakah jalan depan rumah cukup buat motor lebar? Kalau jawabannya, “Kayaknya motor segede ini gak muat parkir depan rumah, Pak…”. Nah itu tandanya, motor lama masih relevan. Ibaratnya, naik PCX buat beli kecap di warung tuh kayak bawa koper besar buat ngambil duit di ATM. Gaya sih, tapi ya buat apa?
Dari Sisi Psikologis & Sosial
Naik motor gede kadang bukan soal kebutuhan, tapi soal rasa. Pengen ngerasa upgrade, pengen nunjukin ke teman, atau pengen balas dendam masa muda yang gak pernah dibeliin Ninja RR. Dan itu sah-sah aja, Pak. Asal gak mengorbankan hal-hal penting kayak waktu sama keluarga, dana darurat, dan ketenangan istri. Ingat, motor boleh naik CC, tapi kalau pas istri tanya “bisa beli susu anak gak?” terus jawabnya “tapi kan sayang udah DP…” nah, itu bukan naik kelas, tapi nyeret reputasi.
8 Rekomendasi Merk Sparepart Motor Terbaik Selain OEM
Kapan Waktu yang Benar-Benar Tepat?
Ada beberapa indikasi yang bisa bapak perhatiin kalo emang mau naik kelas motor.
- Motor lama udah sering bikin bapak nyender di pinggir jalan
- Ada kebutuhan fungsi, jarak jauh, sering boncengan, atau mobilitas berat
- Keuangan sehat, punya dana darurat, cicilan aman, kebutuhan rumah tangga aman
- Sudah paham biaya perawatan dan siap lahir batin
- Tujuannya jelas, bukan cuma “biar temen kantor ngelirik”
Naik kelas motor itu asik. Apalagi kalau sesuai kebutuhan, kondisi, dan kemampuan. Tapi ingat, Pak, jangan cuma naik CC, tapi lupa naik rasa syukur dan tanggung jawab.