Rekomendasi Motor yang Bisa Bapak Pilih Berdasarkan Ukuran CC yang Dibutuhkan

Bacaan 3 menit

Kendaraan terutama motor udah jadi hal wajib ada di rumah buat mobilitas kemana-mana. Tapi perlu tau dulu kendaraan apa yang memang dibutuhin di rumah, berapa cc, dan jangan asal beli doang atau pengen keliatan gaya beli itu motor. Beberapa rekomendasi motor ini bisa bapak pilih berdasarkan kebutuhan.

110 CC

rekomendasi-motor-110-cc

Biasanya motor dengan mesin 110 CC ini sering dipake buat komuter sehari-hari udah gitu dari segi bahan bakarnya juga lebih hemat. Soalnya makin kecil CC-nya makin sedikit juga bahan bakar yang dipake. Udah gitu motor dengan 110 CC ini juga kebanyakan udah punya teknologi yang lebih modern buat ngeefisiensikan bahan bakarnya. Tapi bukan berarti hemat atau enggaknya bahan bakar tergantung CC-nya doang ya, pak. Faktor lain kayak konstruksi mesin, bobot kendaraan, dan gaya berkendara juga punya pengaruh seberapa banyak bahan bakar dipake. Untuk ukuran 110 CC bapak bisa pilih motor Beat, Genio, atau Scoopy.

Pak Cecep, motor saya kok keluar asep putih dari knalpot?

125 CC

rekomendasi-motor-125-cc

Di ukuran 125 CC juga biasa dipake buat kegiatan komuter tapi bedanya tenaga yang dikeluarin biasanya lebih gede. Jadi kalo bapak tipikal orang yang sering telat berangkat ke kantor dan harus kebut-kebutan biar sat set, ukuran 125 CC ini bisa dipilih. Rekomendasinya sendiri ada Vario, Mio, dan Lexi. Kalo saya lebih condong ke Lexi soalnya dari segi harga lebih terjangkau, fiturnya juga banyak, pokoknya worth it banget dah buat dibeli.

150 CC

rekomendasi-motor-150-cc

Nah di sini ukuran CC-nya udah makin gede, otomatis tenaga yang dihasilin motornya juga makin kenceng, cocok dipake ke jalan raya yang aspalnya rapi. Di jenis matic sendiri saya rekomendasiin motor PCX 150 atau 160, Vario, ADV, NMAX, sampe Aerox. Tapi perhatiin juga kelebihan sama kekurangannya ya, pak. Biasanya motor kayak PCX, Vario, atau ADV bakal lebih sering ditolak sama bengkel kalo itu motor kenapa-napa, soalnya body-nya susah dipretelin, banyak part yang harus dibedah, jadi bikin Kang Bengkel males karena makan waktu. Aerox juga problem-nya banyak, paling seringnya karena masalah kelistrikan.

Di jenis lainnya juga ada, kayak di motor bebek saya rekomendasiin MX King yang punya aksesoris dan part aftermarket paling banyak udah gitu murah lagi. Kekurangannya, motor ini jadi kehilangan fungsi dari sisi efisiensi bahan bakar atau sebagai motor komuter karena bahan bakar yang dipake banyak dan gak ada bagasi di motornya jadi naro apa-apa jadi susah.

TIPS SUPAYA GAK SAKIT PINGGANG KALO ABIS MOTORAN

250 CC

rekomendasi-motor-250-cc

Karena kapasitasnya makin gede, tenaga yang dihasilin juga makin kenceng. Biasanya di ukuran segini suaranya juga udah makin ngegerung, bisa juga dipake buat di jalan yang curam dan butuh kecepatan yang tinggi nih. Buat matic-nya sendiri saya rekomendasiin motor XMAX yang dari segi harga cukup terjangkau, optional variasinya banyak, apalagi buat kita-kita yang tinggal di Indonesia nih karena aftermarket-nya banyak dan harga part-nya juga murah. Tapi kalo bapak punya duit lebih dan udah niat banget nih buat beli motor dengan ukuran 250 CC, mending pilih Forza. Sebenernya gak beda jauh sama XMAX tapi lebih elit aja, udah gitu kualitasnya gak bisa boong bagus bener, handling-nya juga enak jadi makin nyaman pas dipake.

Kalo buat motor sport 250 CC, ada CBR. Dari bentuk body-nya cakep, part aftermarket-nya banyak, handling-nya enak, dan mesinnya juga mudah buat dimodif. Kekurangnnya sendiri kalo bapak jarang servis atau pake oli yang beda bisa langsung ngadat, sensitif bener motornya.

Paling penting mah bapak harus tau dulu kegunaannya buat apa dan cocok gak buat keseharian bapak. Jangan sampe beli motor 250 CC tapi cuma dipake buat ke warung doang, percuma pak, yang ada tuh motor rusak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
144

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait