Kebiasaan yang Kalo Disepelein Bisa Jadi Penyakit

04 Nov 2022

Entah bapak-bapak, ibu-ibu atau adik-adik pasti punya kebiasaan yang sering dilakukan. Tapi ada beberapa kebiasaan yang sebenernya tuh enggak baik kalo disepelein dalam jangka waktu yang panjang.


Nahan Buang Air Kecil. Ini sering kali kejadian di kehidupan sehari-hari, pak. Biasanya gara-gara lagi sibuk atau justru karena lagi di tempat umum terus jijik sama toilet di tempat umum. Tapi ternyata kebiasaan ini enggak baik loh, pak. Kalo yang biasa dirasain pasti anyang-anyangan. Cuman ternyata efeknya lebih dari itu. Kalo keseringan nahan buang air kecil, biasanya bakteri yang harusnya dibuang jadi ketahan. Beberapa kasus juga bisa jadi infeksi saluran kemih atau pembengkakan kantung kemih. Baiknya pak, mulai sekarang jangan sampe deh nahan-nahan buang air kecil biar enggak nyesel di kemudian hari. 


Ukuran Sepatu Kagak Pas. Di jaman belanja online sekarang, bikin barang yang kita mau beli enggak bisa dicoba terlebih dahulu. Ini yang bikin kita kalo beli sepatu ukurannya jadi kagak pas. Cuman hal kayak gini ternyata enggak boleh sering dilakuin, soalnya bisa bikin cedera kaki bapak. Mulai dari jari-jari atau tulang, parahnya lagi bapak justru bisa kepleset yang bisa berujung cedera lain kalo sepatu kegedean. Biar enggak salah pilih ukuran, pastiin ngukur panjang kaki bapak dengan bener ya. Atau kalo ragu, mending konsultasi ama penjualnya, pak. 


Kurang Minum Air Putih. Biasanya adik-adik nih yang suka males minum air putih malah minum air warna-warni. Kudu diinget ya, hal yang berlebihan tuh enggak baik. Mulai sekarang, mending terapin kebiasaan minum air putih tiap hari. Emang keliatannya sepele, tapi kurang minum air putih tuh bisa bikin pencernaan terganggu sama dehidrasi. Apalagi manusia sebagian besar tubuhnya mengandung air kan. Jadi, jangan nyepelein khasiat air putih ya dik. 


Enggak Pake Jaket Pas Naik Motor. Nah, ini biasanya sering banget dilakuin sama orang yang naik motor. Biasanya alesannya cuma ke warung atau masih di dalem komplek. Tapi sebenernya pake jaket itu penting, apalagi kalo tiba-tiba ada angin kencang atau hujan, badan jadi gampang kedinginan. Ujung-ujungnya malah pilek atau masuk angin. Pake jaket juga bisa meminimalisir damage kalo amit-amit jatoh dari motor. Selain melindungi dari masuk angin juga, jaket bisa menangkal angin malam yang tidak baik untuk kesehatan.


Itu tadi beberapa kebiasaan kecil yang ternyata ngasih dampak kurang baik buat kesehatan kita. Makanya pak, dik, mulai sekarang kudu aware sama kebiasaan kecil yang ternyata pengaruhnya lumayan. Soalnya kalo sakit, yang rugi juga kita sendiri kan mau sekecil apa pun sakitnya. Inget pak, dik, mencegah lebih baik daripada mengobati ahiiy! 

Ditulis oleh:
Tiffon
04 Nov 2022
Dilihat :
37

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait